5 Liter Berapa Kg? Rumus, Cara Hitung dan Contoh Soal

Bppkibandung.id – Sebenarnya jika ditulis, liter dan kg merupakan jenis satuan yang berbeda. Meski begitu liter ke kg tetap bisa dihitung sebagaimana pertanyaan 5 liter berapa kg? Karena bukan satu jenis satuan, maka menghitung takaran liter ke kg harus menggunakan rumus yang sesuai.

Umumnya perhitungan dari liter ke kg ini didasarkan pada massa jenis obyek yang dihitung tersebut. Jika obyek yang dihitung punya massa jenis yang berbeda maka hasil takar liter ke kg juga bisa berbeda. Takaran dari liter ke kg biasanya berlaku untuk menghitung beras.

Namun sebelum menghitung takaran dari liter ke kg, kamu harus tahu dan kenal dulu tentang satuan liter dan satuan kg. Satuan liter biasa digunakan untuk mengukur nilai volume. Sedangkan kg merupakan satuan yang biasa digunakan untuk mengukur berat benda.

Rumus dan Cara Hitung 5 Liter Berapa Kg

Konversi nilai liter ke kg tidak bisa dilakukan langsung karena perbedaan jenis satuan dan massa jenis benda yang diukur. Maka untuk mendapatkan hasil konversi harus dilakukan menggunakan rumus tertentu. Rumus yang dimaksud tak lain adalah rumus densitas dengan satuan kg/liter.

Baca Juga:  Konversi 15 Gram Berapa mL, Ini Cara Hitung dan Contoh Soal

P = m ÷ v

Keterangan:

P merupakan simbol rumus untuk menyatakan massa jenis.

M merupakan simbol rumus untuk massa atau berat.

Sedangkan V adalah simbol rumus untuk nilai volume.

Rumus di atas adalah rumus yang biasa digunakan untuk menghitung massa jenis suatu obyek atau benda. Jika ingin menghitung jumlah liter obyek menjadi kg, maka rumus di atas bisa dibalik sehingga menjadi:

M = p × v

Dalam kasus ini dimisalkan obyek yang dihitung adalah beras. Diketahui massa jenis beras adalah 0,563 kg/ liter. Maka dari sini sudah bisa diketahui bahwa 1 liter beras=

M = 1 × 0,563

I liter beras = 0,563 kg. Sehingga 5 liter ke kg setara dengan 5 × 0,563 = 2,815 kg.

Perhitungan ini tidak berlaku untuk obyek lain seperti air dan minyak yang tentu memiliki massa jenis yang berbeda. Massa jenis untuk objek lainnya bisa disimak sebagaimana di bawah ini:

  • 1 liter air sama nilainya dengan 1 kg air.
  • 1 liter minyak sama dengan 0,933 kg.
  • 1 liter gula pasir senilai dengan 0,849 kg.

Dari standar hitungan di atas, kamu tinggal mengalikan hasilnya dengan 5 jika ingin tahu jawaban dari 5 liter berapa kg berdasarkan jenis obyek dan massa jenisnya masing-masing.

Baca Juga:  Cara Menghitung 150 gram Berapa mL dan Pembahasan

Contoh Soal Lain

1. Diketahui gula pasir dengan massa jenis 0,345 kg/ liter. Maka gula pasir 5 liter sama dengan berapa kg?

Jawab: M = p × v

= 0,345 × 5

= 1,725 kg.  Jadi 5 liter gula pasir sama dengan 1,725 kg.

2. Diketahui minyak goreng dengan massa jenis 0,765 kg/liter. Berapa Kg minyak jika volume minyak 5 liter?

Jawab: M = p × v

= 0,765 × 5

= 3,825 kg. Jadi 5 liter minyak goreng setara dengan 3,825.

Cara menghitung 5 liter berapa kg sebagaimana yang dijelaskan di atas merupakan cara hitung paling umum dengan menggunakan standar rumus massa jenis. Rumus tersebut bisa juga diaplikasikan jika target target ditanyakan adalah nilai massa jenis atau volume obyek.