2 Liter Berapa Gelas? Cara Menghitung dan Jawabannya

Bppkibandung.id – Masih banyak sekali orang yang mempertanyakan 2 liter berapa gelas air? pasalnya aturan minum air yang sehat adalah 2 liter. Untuk menakar air 2 liter biasanya orang ingin lebih praktis dengan menghitung berdasarkan takaran gelas. Itulah mengapa banyak yang butuh info perhitungan liter ke gelas.

Adapun pengukuran dengan gelas sebenarnya tidak baku karena nilai pasti bisa diperoleh dengan menggunakan satuan liter. Meski begitu nilai liter tetap bisa disetarakan dengan takaran gelas asalkan ukuran gelas disesuaikan. Pasalnya ada banyak jenis gelas dengan ukuran berbeda.

Secara umum jenis gelas yang digunakan untuk mengukur takaran air dalam liter ada dua, yaitu gelas belimbing dan gelas air mineral. Kedua jenis gelas ini sudah pasti punya ukuran yang berbeda. Maka hasil takaran air dengan kedua gelas ini juga pasti berbeda.

Menghitung 2 Liter Berapa Gelas Dengan Jenis Gelas Berbeda

Seperti yang dikatakan sebelumnya ada dua jenis gelas yang umumnya digunakan untuk menakar ukuran air dalam gelas menjadi liter, yaitu gelas air mineral dan gelas belimbing. Gelas belimbing adalah gelas yang dapat menampung air sebanyak 200 ml.

Baca Juga:  15 ml Berapa Sendok Makan? Cara Konversi dan Contoh Soalnya

Sedangkan gelas air mineral adalah gelas yang umumnya digunakan sebagai gelas air kemasan mineral dengan ukuran takaran standarnya 220 ml.

1. Menakar Air Dengan Gelas Belimbing

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengukur takaran air 2 liter berapa gelas adalah dengan menggunakan gelas belimbing. Diketahui 1 gelas belimbing dapat menampung 200 ml. 200 ml dikonversi ke liter maka nilainya jadi 0,2 liter.

0,2 liter air setara dengan ⅕ liter. Dari hasil perhitungan ini, 1 liter air putih sama dengan 5 gelas belimbing. Jadi jika ingin tahu 2 liter airnya berapa gelas, tinggal mengalikan dengan 2 dan menjadi 10 gelas belimbing.

2. Menakar Menggunakan Gelas Air Mineral

Ukuran gelas belimbing dengan gelas air mineral sedikit berbeda. Kapasitas air yang bisa ditampung gelas air mineral lebih banyak, yaitu 220 ml. Dengan perbedaan ini maka hasil takar gelas ke liter atau liter ke gelasnya juga pasti berbeda.

Diketahui ukuran 1 liter air setara dengan 1000 ml air. Sedangkan 1 gelas air dalam gelas air mineral sebanding atau sama dengan 220 ml. Dengan nilai takar ini mala diperoleh cara praktis 1000 ml ÷ 220 ml maka hasilnya adalah 4,5. Jadi 1 liter air setara dengan 4,5 gelas air mineral.

Baca Juga:  Cara Konversi 60 Gram Berapa Sendok Makan Termudah

Maka jika yang ditanyakan adalah 2 liter air putih berapa gelas? Jawabannya adalah 2 × 4,5 = 9 gelas. Sehingga dibutuhkan 9 gelas air mineral untuk memenuhi kebutuhan 2 liter air.

Dari penjelasan di atas, perhitungan air 2 liter berapa gelas adalah disesuaikanndenha daya tampung gelas yang digunakan. Asalkan tahu kapasitas gelas untuk menakar air, maka hasil ke loternua bisa disesuaikan sebagaimana cara yang sudah dijelaskan di atas.