100 mL Berapa Gram? Ini Rumus dan Cara Menghitungnya

Bppkibandung.id – Kita sering melihat kemasan produk minuman dan zat cair lainnya menggunakan satuan ml dan gram. Tidak heran kalau masih banyak orang yang merasa bingung 100 ml berapa gram ketika melihat kemasan produk yang dibelinya tersebut.

Penggunaan satuan gram memang lebih sering dijumpai pada produk-produk non cair, sedangkan untuk produk cair umumnya memakai satuan ml. Sebenarnya apa perbedaan ml dan gram, sehingga kadang digunakan secara bersamaan dalam suatu kemasan produk.

Rumus 100 Ml Berapa Gram

Bagi beberapa orang menghitung ml ke gram tidak butuh waktu lama untuk berpikir. Kenapa bisa begitu, karena 100 ml dapat dianggap setara dengan 100 gram alias sama. Mengapa bisa seperti itu, kita akan lihat dengan memakai rumus konversi umum.

Supaya tidak rancu, pada pembahasan ini zat cair yang dimaksud adalah air. Selainjutnya dapat disimak dalam penjelasan berikut ini.

Baca Juga:  Nilai 1 dam Berapa dm? Pahami Konsep dan Cara Menghitungnya

1. Konversi 100 Ml ke Gram

Apakah 100 ml sama dengan 100 gram, jawabannya iya. Jadi, jangan heran kalau kedua satuan tersebut sering digunakan bersama-sama atau bergantian pada kemasan suatu produk cairan, seperti susu, shampo, sabun cair dan lain-lain.

Mengapa 100 mililiter bisa sama dengan 100 gram? Jawabannya dapat ditemukan dalam konversi satuan yang sudah umum dipakai. Pertama-tama, lihat dulu konversi dari ml ke gram sebagaimana rumus yang berlaku.

Dalam persoalan ini gunakan rumus densitas air yaitu 1 gram/ mililiter (g/ ml). Apa artinya? Menurut rumus itu artinya air sebanyak 1 mili memiliki massa jenis atau berat sama dengan 1 gram. Jadi, kalau 100 mililiter sama saja dengan 100 gram.

2. Apakah 100 Ml Sama dengan 100 Gram?

Sebagaimana rumus densitas air yang dijelaskan bahwa 100 cc atau 100 ml memang setara dengan 100 gram. Hanya saja rumus tersebut hanya berlaku jika cairan yang diukur adalah air, bukan jenis zat cair lainnya.

Hitungan 100 ml berapa gram sama dengan 100 hanya berlaku pada air, dan mungkin hasilnya akan sedikit berbeda jika diterapkan pada jenis cairan lainnya. Itu karena massa jenis zat cair yang diukur bisa saja lebih besar atau lebih kecil dari air.

Baca Juga:  1 Dag Berapa Gram? Cara Menghitung dan Contoh Soalnya

Sebagai contoh, kita akan hitung berapa gram 100 ml minyak goreng. Yang harus dipahami lebih dulu sebelum menghitungnya yaitu berapa massa jenis minyak goreng. Menurut rumus, massa jenis minyak goreng adalah 0,92 gram/ ml.

Sehingga menurut massa jenisnya, perhitungan 100 ml minyak goreng itu berapa gram yaitu  :

  • Massa jenis minyak 092
  • 100 ml minyak goreng = 100 x 0,92 = 108,695 atau bulatkan saja menjadi 108,7 gram.

Dari hasil perhitungan didapatkan bahwa 100 ml air lebih ringan daripada 100 ml minyak goreng.

Dengan menggunakan rumus konversi dan densitas air, maka perhitungan 100 ml berapa gram tidak sulit sama sekali. 100 ml air itu sama dengan berapa gram jawabannya adalah 100. Sehingga, kebanyakan orang beranggapan bahwa 100 ml itu sama dengan 100 gram.