Takaran 900 mL Berapa Gelas? Ini Rumus dan Cara Hitung

Bppkibandung.id – Satuan yang sering digunakan untuk zat cair adalah milimeter (ml) ataupun cc. Tapi agar lebih mudah, satuan ml dapat diubah menjadi gelas. Seperti 900 ml berapa gelas misalnya, dapat dihitung dengan lebih mudah.

Kalau menghitung banyaknya cairan dengan satuan ml atau cc, kamu membutuhkan gelas ukur khusus yang belum tentu ada di rumah. Supaya lebih mudah, cara menakar banyaknya air dapat dilakukan dengan gelas yang sudah pasti ada di dapur.

Takaran 900 Ml Berapa Gelas

Cara menghitung volume cairan menggunakan gelas sudah sering dilakukan pada dunia kuliner. Coba lihat resep-resep masakan yang ada di majalah ataupun internet, bahan berupa cairan, seperti susu, minyak dan sebagainya dituliskan dengan satuan gelas.

Selain memudahkan dalam penakaran bahan, 1 liter itu berapa gelas juga sudah umum diketahui orang. Selanjutnya tinggal menyesuaikan saja dengan resep, dengan patokan 1 gelas air setara dengan 250 ml.

Baca Juga:  2 km Berapa dm? Cara Menghitung Cepat dan Contoh Soal

1. Rumus Umum Satuan Ml Berapa Gelas

Untuk mengetahui jawaban 900 ml berapa gelas, langkah awal yang harus dilakukan adalah memahami dulu satu gelas itu berapa ml. Menurut patokan umum, satu gelas itu isinya 250 ml, dengan catatan yang digunakan adalah gelas belimbing.

Kalau sudah tahu, maka tinggal hitung saja berapa gelas 900 ml itu dengan menggunakan patokan diatas. Caranya yaitu :

  • 1 gelas = 250 ml
  • 900 ml = 900/ 250 ml = 3,6 gelas.

Jadi, kalau kamu membutuhkan air 900 ml maka perlu menakar sebanyak 3,6 gelas belimbing.

2. Takaran dengan Gelas Air Mineral

Bagaimana kalau kamu harus menakar air sebanyak 900 ml tapi tidak ada gelas belimbing? Tenang saja, ada alat lain yang tidak kalah mudah didapatkan untuk menakar air, yaitu gelas air mineral. Yang perlu diingat, kapasitas gelas air mineral beda dengan gelas belimbing.

Perbedaan kapasitas gelas tersebut membuat patokan untuk menghitung 900 ml itu ada berapa gelas menjadi tidak sama lagi. Caranya, lihat dulu berapa isi gelas tersebut pada kemasan, biasanya produsen telah mencantumkannya pada label.

Baca Juga:  3 Liter Berapa Gelas? Ini Cara Mudah Menghitungnya

Setelah itu, tinggal jadikan volume gelas yang tertulis pada label sebagai patokan. Pada umumnya, gelas air mineral memiliki kapasitas 220 ml, jadi kita jadikan angka tersebut sebagai patokan. Lalu lakukan penghitungan pada 900 ml ada berapa gelas.

Karena rumusnya menggunakan satu gelas sama dengan 220 ml maka perhitungannya menjadi :

  • 1 gelas air mineral 220 ml
  • 900 ml = 900/ 220 ml = 4,0909 atau dapat dibulatkan menjadi 4,1 gelas.

Sehingga kalau kamu memakai gelas air mineral 220 ml, menakar 900 ml butuh 4 gelas lebih sedikit.

Kalau sudah tahu rumus dan patokan yang digunakan, menghitung mL ke ke satuan gelas sangat mudah dilakukan. Ada berapa gelas 900 ml itu tergantung dari jenis gelas yang dipakai untuk menakar, apakah gelas belimbing atau gelas plastik bekas wadah air mineral.