12 Oz Berapa mL? Cara Hitung dan Konversinya

Bppkibandung.id – Satuan oz sering dijumpai dalam label atau kemasan produk minuman dan jenis zat cair lainnya, misalanya shampo. Kalau dituliskan 12 oz itu apa artinya? 12 oz berapa ml mungkin itulah pertanyaan yang terlintas dalam pikiran orang.

Arti satuan oz tidak berbeda dengan ons di Indonesia atau ounce dalam bahasa Inggris. Penggunaan ukuran ons memang lebih sering diterapkan pada benda-benda padat, karena memang merupakan satuan berat. Tapi ternyata dapat dipakai juga pada air atau zat cair lainnya.

Menghitung 12 Oz Berapa Ml

Oz adalah satuan yang digunakan untuk mengukur berat dan artinya sama dengan ons. Menurut rumus konversi satuan berat, satu ons setara dengan 100 gram. Istilah oz sendiri berasal dari bahasa Perancis, yang memiliki arti sama dengan onza di Italia.

Lalu bagaimanakah konversi oz ke mililiter? Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga:  30 cm Berapa dm? Cara Hitung, Pembahasan, dan Contoh Soal

1. Konversi Oz ke Mililiter (ml)

12 oz itu ada berapa ml, jawabannya bisa dihitung dengan menggunakan rumus konversi yang sudah ada. Langkah pertama tentu saja harus mengubah dulu ons menjadi gram lalu konversikan oz ke mililiter.

Karena yang akan diukur adalah volume cairan, kita pakai cangkir sebagai alat ukurnya. Menurut rumus konversi dikatakan bahwa 1 ons itu isinya sekitar 28,349 gram. Sementara itu, berat 1 buah cangkir sama dengan 8 ons dengan volume 240 ml.

Setelah mengetahui berapa kapasitas satu cangkir dalam ons dan mililiter, selanjutnya kita hitung berapa ml 12 oz itu. Perhitungan dilakukan dengan memakai rumus konversi pada berat dan volume cangkir tersebut.

2. Cara Menghitung 12 Oz Berapa Ml

Melalui rumus konversi gram ke ons dan mililiter, kita menjadi lebih mudah untuk menghitung oz ke ml. Patokan yang digunakan disini adalah cangkir ukuran sedang dengan kapasitas 8 ons (qastack.id AS), karena orang Amerika membedakan ukuran gelas menjadi tiga jenis.

Selanjutnya tinggal dihitung saja berapa ml 12 oz itu dengan cara :

  • 1 oz = 8 gram
  • 12 oz = 12/8 x 240 ml = 360 ml.
Baca Juga:  300 cc Berapa mL? Cara Menghitung dan Contoh Soalnya

Jadi, kalau dalam kemasan minuman atau botol terdapat tulisan 12 oz itu artinya bahwa wadah tersebut bisa menampung cairan hingga 360 ml.

Namun ada beberapa gelas atau botol 12 oz yang volumenya lebih sedikit yaitu 350 ml. Sehingga kesimpulannya, 12 oz adalah gelas ataupun botol yang bisa diisi air maupun cairan sejenisnya sebanyak 350-360 ml.

3. Ukuran Oz pada Gelas Plastik

Gelas plastik atau botol kemasan produk minuman tidak hanya tersedia dalam ukuran 12 oz saja, masih ada ukuran lainnya. Ukuran oz pada gelas plastik yang ada dipasaran terdiri dari 10 oz, 14 oz dan 22 oz.

Dengan menggunakan rumus konversi standar satuan maka perhitungan 12 oz berapa ml menjadi lebih mudah dilakukan. Oz berasal dari bahasa Perancis yang artinya ons dalam bahasa Indonesia atau ounce dalam bahasa Inggris, dimana beratnya sama dengan 100 gram.