Cara Menghitung 2 Liter Berapa mL dan Pembahasannya

Bppkibandung.id – Satuan volume zat cair yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah liter dan mililiter. Kadang-kadang kamu harus mengubah takaran zat cair dari liter menjadi mililiter (ml). Seperti misalnya 2 liter berapa ml sangat sering ditemui pada aktivitas harian.

Rumus konversi dari liter ke mili sama dengan rumus konversi satuan berat. Untuk mengubah satuan liter menjadi ml harus dilihat dulu berapa jenjang jarak antara kedua satuan tersebut. Kalau arahnya naik, maka nilainya lebih besar, sebaliknya kalau turun menjadi lebih kecil.

Konversi 2 Liter Berapa Ml

Berapa jarak liter ke mililiter? Kalau menurut diagram konversi satuan, liter berada diatas ml dengan jarak 3 tingkat. Perlu diingat bahwa setiap tingkatan jaraknya 10 kali. Jadi, misalnya naik satu tingkat maka nilainya menjadi lebih besar 10 kali lipat, begitu seterusnya.

1. Cara Menghitung 2 Liter Berapa Mililiter

Sesuai apa yang tercantum pada diagram konversi, liter letaknya ada di 3 tingkat lebih tinggi daripada mililiter (ml). Itu artinya liter 1000x lebih besar nilainya dari ml. Cara mengubah liter menjadi ml yaitu bilangan dikalikan dengan 10x10x10 atau 1000.

Baca Juga:  1000 Liter Berapa Kg? Cara Menghitung dan Rumus Konversinya

Sehingga cara menghitungnya yaitu:

  • 1 liter = 1000 ml
  • 2 x 1000 = 2000 ml.

Artinya,kalau kamu menakar air sebanyak 2 liter itu artinya sama dengan 2000 ml. Begitu juga saat membaca label produk, jika dituliskan 2000 ml, berarti isinya 2 liter.

2. Konversi Liter ke Mililiter

Cukup menggunakan rumus konversi satuan saja maka soal 2 liter berapa ml dapat dikerjakan dengan mudah. 2 liter itu sama dengan berapa ml hanyalah satu contoh dari sekian banyak soal konversi satuan volume.

Rumus konversi liter ke ml tidak hanya berlaku pada soal 2 liter ada berapa ml saja, tetapi bisa juga diganti dengan bilangan yang lainnya. Berapapun bilangan yang ingin dikonversi, cara menghitungnya tidak sulit asal sudah paham rumus dasarnya.

Menggunakan bilangan berapa saja, kamu tetap harus berpatokan pada rumus dimana 1 liter itu sama dengan 1000 ml. Baru setelah itu sesuaikan perhitungannya dengan bilangan yang ada dan masukkan pada rumus.

Misalnya 0,5 liter berapa ml, tidak sulit untuk mengerjakannya. Perhitungannya menjadi :

  • 0,5 x 1000 = 500 ml.
Baca Juga:  120 mL Berapa Gram? Cara Hitung, Jawaban, Contoh Soal

Dari soal tadi dapat dilihat bahwa 0,5 liter adalah ½ x 1000 ml yaitu 500 ml. Hasilnya sesuai dengan rumus konversi satuan volume yaitu 1 liter setara 1000 ml.

Merubah satuan liter menjadi ml sudah biasa dalam kehidupan sehari-hari, karena kebanyakan produk yang kita gunakan tersedia dalam ukuran liter dan mililiter. Untuk ukuran besar biasanya menggunakan satuan liter, dan ml dipakai pada produk dengan kemasan kecil.

Misalnya produk minyak goreng 2 liter berapa ml itu sangat mudah dijawab. Kalikan saja 2 liter dengan angka 1000 untuk mengubahnya menjadi ml, yaitu menjadi 2000 ml. Begitu juga dengan ukuran lainnya, seperti 1 liter, 1,5 liter, 2,5 liter dan sebagainya, gunakan cara yang sama.