1 Kg Berapa mL? Cara Menghitung dengan Pembahasannya

Bppkibandung.id – Bagaimana cara mengubah kg, yang merupakan satuan berat menjadi ml, yang adalah satuan volume mungkin tidak biasa. Mengkonversi 1 kg berapa ml memerlukan beberapa langkah dalam perhitungannya, agar didapatkan hasil yang benar.

Mungkin kamu masih bingung bagaimana mengubah kg menjadi ml, karena keduanya merupakan satuan yang berbeda. Kilogram adalah satuan yang dipakai untuk menghitung berat benda, sedangkan mililiter (ml) merupakan satuan volume zat cair.

Konversi 1 Kg Berapa Ml

Berapa ml 1 kg itu? Kita tidak bisa langsung mengetahuinya hanya dengan satu langkah saja, karena keduanya merupakan dua jenis satuan yang berbeda. Yang pertama dilakukan adalah mengkonversikan dulu kilogram menjadi liter, baru selanjutnya diubah ke mililiter.

1. Konversi Kg ke Liter

Rumus konversi kilo ke liter yaitu dengan menggunakan massa jenis. Menurut Standar Purwarupa Kilogram Internasional, yang disimpan di negara Perancis, berdasarkan sistem konversi didapatkan bahwa berat massa benda 1 kg hampir setara dengan massa air 1 liter.

Baca Juga:  60 mL Berapa Sendok Makan? Cara Hitung dan Contohnya

Dari standar itu kemudian dijadikan sebagai patokan untuk menghitung massa benda cair dalam kg menjadi ml. Dalam penggunaannya, mililiter (ml) sering juga dituliskan dengan satuan sentimeter kubik atau cc. Jadi, dapat disimpulkan bahwa 1 ml sama dengan 1 cc.

2. Hitungan Kg ke Ml

Lalu bagaimana cara menghitung 1 kg berapa ml hitung dengan rumus massa jenis atau rho yang dilambangkan dengan huruf “p”. Rumus massa jenis p = m/v, dimana “m” itu massa atau berat dan “v” merupakan volume atau isi.

Setelah itu, gunakan untuk menghitung 1 kg itu sama dengan berapa mili dengan memasukan angka pada rumus massa jenis. Satuan massa jenis adalah kg/ m3 sesuai dengan rumusnya. Sehingga cara menghitung 1 kg itu berapa ml yaitu ;

  • p = 1 kg/ l x 1 liter, hasilnya 1.

Dasar perhitungan diatas yaitu dengan menggunakan rumus konversi seperti yang ada di Perancis, yaitu 1 kg hampir sama dengan 1 liter. Jadi didapatkan hasil bahwa massa jenis p = 1, sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam rumus konversi.

Setelah tahu 1 kg berapa liter, langkah selanjutnya tinggal mengubahnya menjadi satuan mililiter atau ml. Sesuai tangga konversi liter kr ml jaraknya turun 3 jenjang, artinya nilainya menjadi 10 pangkat 3 lebih besar.

Baca Juga:  7 Liter Berapa Kg? Cara Menghitung dan Contoh Soal Lain

Jadi kalau dikonversikan 1 liter berapa ml yaitu :

  • 1 x 1000 ml = 1000 ml.
  • 1 liter = 1000 ml = 1 kg

Kesimpulan yang didapatkan yaitu bahwa 1 kg itu sama dengan 1000 ml.

Menghitung 1 kg berapa ml memang memerlukan dua langkah dalam pengerjaannya. Pertama, harus diubah dulu 1 kg menjadi liter sesuai dengan rumus konversi standar internasional. Setelah itu, barulah dari satuan liter dilkalikan 1000 supaya menjadi mililiter (ml).