Menghitung 1 Oz Berapa mL dengan Rumus Konversinya

Bppkibandung.id – Satuan oz adalah kata lain dari ons atau dalam bahasa Inggris disebut ounce. Oz sering ditemui dalam kemasan produk terutama yang berbentuk cairan. Pertanyaannya, 1 oz berapa ml supaya lebih mudah dipahami oleh orang awam.

Mengapa oz harus dikonversikan ke satuan mililiter, salah satu alasannya satuan yang digunakan untuk menghitung volume adalah liter, termasuk ml. Orang akan lebih mudah memahami volume cairan yang ditulis dalam satuan ml daripada menggunakan oz.

Cara Konversi 1 Oz Berapa Ml

Supaya dapat diubah menjadi mililiter, maka satuan oz harus dikonversikan lebih dulu menjadi liter. Pada dasarnya, oz adalah satuan yang dipakai untuk mengukur berat benda, bukan volume. Jadi, kalau ingin menggunakannya untuk menghitung volume cairan harus dikonversikan lebih dulu.

1. Pengertian Oz Adalah

Sebelum melakukan konversi, pahami dulu apa yang dimaksud oz itu. Sudah dikatakan bahwa oz adalah satuan yang sama dengan ons di negara kita. Oz kalau dalam bahasa Inggris adalah ounce. Ons dan ounce pastinya sudah dikenal sebagai satuan ukuran berat.

Baca Juga:  1 kg Gram Ada Berapa Ons? Cara Menjawab dan Contoh Soal

Oz merupakan singkatan dari kata onza, yang artinya ons dalam bahasa Italia. Jadi, kalau oz sama dengan ons, maka 1 oz nilainya sama  dengan 100 gram, sesuai apa yang disepakati dalam standar konversi internasional.

2. Konversi Oz ke Ml

Karena oz itu sama dengan ons jadi merupakan satuan ukuran berat benda, yang lebih umum digunakan pada benda-benda padat. Sementara ml atau mililiter adalah satuan yang dipakai pada zat cair, seperti air, susu, minyak, shampo dan sebagainya.

Nah, untuk mengetahui jawaban 1 oz berapa ml maka harus dilakukan dengan metode konversi satuan yang sudah ada. Perlu diingat bahwa 1 oz itu sama dengan 1 ons atau setara 100 gram adalah konversi satuan yang digunakan secara internasional.

Namun, meskipun oz artinya sama dengan ons, tetapi nilainya dalam gram berbeda. Untuk satuan onza (Romawi), 1 oz itu setara dengan berat 27,4 gram, bukan 100 gram seperti di Indonesia maupun Belanda.

Sehingga cara mengubah oz ke ml harus menggunakan standar yang digunakan oleh bangsa Romawi, yaitu 1 oz setara 28,4 gram. Selanjutnya, baru dihitung berapa ml 1 oz itu berdasarkan standar tersebut.

Baca Juga:  100 Gram Tepung Terigu Berapa Sendok Makan? Ini Jawabannya

3. Hitungan 1 Oz ke Ml

Berapa ml 1 oz itu, perlu diketahui dulu massa jenis benda yang diukur. Dalam perhitungan ini akan kita gunakan massa jenis zat cair yang paling umum yaitu air, dimana 1 gram sepadan dengan 1 mililiter (ml).  Menurut satuan konversi oz, maka :

  • 1 oz = 28,4 gram
  • 1 ml air = 1 gram
  • 1 oz = 28,4 mililiter.

Dari hasil perhitungan dengan rumus konversi 1 oz berapa ml maka jawabannya adalah 27,4 ml. Sistem satuan oz digunakan oleh bangsa-bangsa Romawi, seperti Italia, yang artinya sama dengan ons. Hanya saja 1 ons pada oz setara dengan 27,4 gram, bukan 100 gram seperti ons Indonesia.