1 Sdm Berapa mL? Ini Takaran dan Cara Hitungnya

Bppkibandung.id – Sendok makan atau sering ditulis dengan “sdm” merupakan ukuran yang sering digunakan dalam dosis obat sirup. Masalahnya, obat sirup biasanya menggunakan ukuran mililiter atau ml, bukan sdm. Oleh sebab itu harus diketahui dulu 1 sdm berapa ml supaya takarannya pas.

Seringkali obat sirup tidak menyediakan alat ukur untuk menakar dosisnya. Alternatif yang paling sering dilakukan orang adalah menggantinya dengan sendok makan. Masalahnya, obat sirup harus diminum sebanyak dosis yang dianjurkan, sekalipun memakai sendok makan.

Menakar 1 Sdm Berapa Ml

Obat sirup dosisnya menggunakan satuan ml, tapi minumnya memakai sendok makan, jadi harus disamakan dulu takarannya. 1 sendok makan itu berapa ml harus diketahui lebih dulu supaya pasien tetap bisa mengkonsumsi obat sesuai dosisnya.

1. Rumus Umum Konversi Sdm ke Ml

Meskipun ukuran sendok makan itu berbeda-beda, tetapi dalam hal takaran sudah ada kesepakatan mengenai hal tersebut. Menurut rumus umum konversi, satu sendok makan dianggap sama dengan 15 mililiter (ml).

Baca Juga:  1000 cm Berapa dm? Jawaban dan Cara Hitung Satuan Panjang

Contohnya, dosis obat batuk sirup 30 ml x 2 per hari. Berapa sendok makan dosis sekali minum obat tersebut. cara menghitungnya yaitu :

  • 1 sdm = 15 ml
  • Dosis = 30/15 ml = 2 sdm.
  • Jadi, kalau misalnya dosisnya 30 ml maka minum sebanyak 2 sdm.

Penggunaan takaran dengan sendok makan tidak hanya berlaku pada obat sirup saja, tetapi juga aktivitas yang lainnya. Contoh paling mudah yaitu pada resep-resep masakan, biasanya bahan-bahan tertentu ditakar menggunakan satuan sdm, seperti minyak goreng, esense dan sebagainya.

Jadi, kalau misalnya pada resep masakan dituliskan minyak goreng sebanyak 25 ml, maka jika ditakar dengan sendok makan menjadi :

  • 1 sdm minyak = 15 ml
  • Takaran 25 ml = 25/ 15 = 1,666 sdm

2. Rumus Konversi Sdt ke Ml

Setelah mengetahui 1 sdm berapa ml maka tidak perlu lagi kuatir dosis obat sirup dikonsumsi secara berlebihan atau sebaliknya terlalu sedikit. Masalahnya, kadang-kadang tidak ada sdm di meja, yang tersedia hanya sendok teh.

Tenang saja, karena kamu juga bisa menakar obat sirup atau cairan lainnya menggunakan sendok teh (sdt). Yang harus diketahui dulu adalah 1 sdt berapa ml baru bisa menakarnya dengan tepat. Takaran 1 sdt tentu saja lebih sedikit dari sdm, dimana 1 sdt itu setara dengan 5 ml.

Baca Juga:  550 mL Berapa Gelas? Cara Hitung Sesuai Ukuran (Lengkap)

Sehingga, kalau pada kemasan dituliskan dosis obat sirup 10 ml x 3 per hari, itu artinya  :

  • 1 sdt = 5 ml
  • Dosis 10 ml = 10/5 ml = 2 sdt

Jika melihat dari penjelasan diatas, 1 sdm berapa sdt? 1 sendok makan (sdm) setara 15 ml, sedangkan 1 sendok teh (sdt) sama dengan 5 ml. Sehingga kalau dikonversikan jadi :

  • 1 sdm = 15 ml
  • 1sdt = 5 ml
  • 1 sdm = 15/5 sdt = 3

Kesimpulannya, 1 sendok makan (sdm) setara dengan 3 sendok teh (sdt).

Takaran 1 sdm berapa ml sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, contohnya untuk menghitung dosis obat sirup, menakar bahan masakan dan sebagainya. Walaupun ukuran sendok makan bisa saja berbeda, tapi menurut kesepakatan 1 sdm itu takarannya setara 15 ml.