100 Gram Berapa mL? Ini Rumus Konversi dan Cara Hitung

Bppkibandung.id – Konversi dari gram ke mililiter sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan gram ke militer (ml) sangat luas, mulai dari matematika hingga berbagai industri. Contohnya, kapasitas produk 100 gram berapa ml sering dijumpai pada resep masakan, dosis obat-obatan dan sebagainya.

Bagaimana cara menghitung gram menjadi mlperlu dipahami supaya ketika harus menakar sesuatu bisa didapatkan ukuran yang tepat. Gram adalah satuan berat atau massa benda, sementara ml merupakan satuan ukuran volume.

Rumus Konversi 100 Gram Berapa Ml

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari hubungan massa dan volume kemudian mengkonversikannya. Caranya yaitu dengan mencari densitas dari benda yang diukur tersebut. Rumus densitas adalah massa dibagi volume (g/cm3).

1. Menghitung Densitas Benda

Berapakah densitas suatu benda supaya bisa diketahui 1 gram itu berapa ml. Perlu diketahui bahwa setiap jenis benda mempunyai densitas atau kerapatan yang berbeda. Karena yang dibahas kali ini adalah satuan gram dan ml, maka diasumsikan bahwa densitas yang dicari adalah benda cair.

Baca Juga:  150 dm Berapa mm? Cara Hitung Cepat, Pembahasan, Contoh

Pada dasarnya densitas benda cair juga berbeda-beda, tapi pemahaman secara umum benda cair identitas dengan air. Jadi, dalam pembahasan tentang berapa ml 100 gram itu, densitas air yang dipakai.

Menurut standar konversi, densitas air adalah 1 g/ cm3. Satuan cm3 artinya sama dengan ml, sehingga densitas air yaitu 1 g/ ml. Perlu dipahami bahwa satuan sentimeter kubik (cm3) sering ditulis dengan “cc”.

2. Menghitung 100 Gram Berapa Mililiter

Setelah memahami tentang densitas benda, lalu 100 gram berapa ml jawabannya apa. Untuk mengetahui jawabannya, kita harus melakukan konversi satuan berat dan massa lebih dulu. Caranya dengan menghitung massa benda dalam satuan gram menggunakan densitas air, yaitu 1 g/ cm3.

Rumus massa benda adalah volume dibagi dengan densitas. Setelah itu, masukkan angkanya yaitu:

  • massa = 100 ml x 1 g/cm3 = 100 gram.

Jadi, dari perhitungan massa benda diperoleh hasil yaitu 100 ml sama dengan 100 gram. Atau bisa dibalik, 100 gram setara dengan 100 ml.

Artinya, dengan asumsi bahwa benda yang diukur adalah air dimana nilai densitasnya sama dengan 1 g/ cm3, dihasilkan perhitungan bahwa 100 gram setara dengan 100 ml. Hasil ini sudah bisa menjawab pertanyaan di atas berapa ml 100 gram itu yaitu 100 ml.

Baca Juga:  1 Ton Berapa Ons? Jawaban dan Pembahasan Cara Hitungnya

Jadi, menurut rumus konversi :

  • 100 gram = 100 ml.
  • 100 gram = volume 100 ml atau 100 cc.

Sekarang tidak perlu bingung lagi membaca label kemasan produk jika ditulis dalam gram.

Menghitung 100 gram berapa ml pada dasarnya tidak begitu sulit. Hal yang perlu dipahami adalah berapa densitas benda yang ingin diukur lalu hitung menggunakan rumus massa. Pada pembahasan kali ini yang dipakai adalah densitas air yaitu 1 g/ cm3, hasilnya bahwa 100 gram setara 100 ml.