1 m Berapa dm? Ini Rumus Menghitung dan Jawabannya

Bppkibandung.id – Dibandingkan dengan meter, desimeter atau dm adalah satuan yang kurang umum atau familiar digunakan. Beberapa orang ada yang masih merasa bingung dengan 1 m berapa dm karena jarang ada bangunan yang menggunakan satuan ini.

Meskipun kurang umum digunakan dibandingkan dengan satuan panjang seperti meter atau desimeter masih digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam industri konstruksi, desimeter dapat digunakan untuk pengukuran yang memerlukan presisi lebih tinggi daripada meter.

Misalnya, ketika mengukur dimensi ruangan atau bagian kecil dari suatu struktur. Dalam pembuatan atau pemahaman peta, desimeter dapat digunakan untuk memberikan detail yang lebih tinggi dalam pengukuran panjang, terutama ketika menandai atau merancang peta skala kecil.

1 M Berapa Dm? Begini Rumus Menghitungnya

Meskipun desimeter tidak sering digunakan secara luas, mengkonversi nilai 1 meter ke dm sangat penting untuk dipahami.

Hal ini untuk membantu kamu memahami situasi ketika presisi tinggi diperlukan dan satuan panjang yang lebih besar atau lebih kecil tidak cukup tepat untuk pengukuran tertentu.

Baca Juga:  140 Gram Berapa Sendok Makan? Ini Konversi dan Contoh Soal

Lalu 1 m berapa dm? Beginilah rumus konversinya:

Nilai dalam desimeter=Nilai dalam meter×10

Dalam rumus ini, nilai dalam meter perlu untuk dikalikan dengan angka 10. Mengapa? Karena 1 meter setara dengan 10 desimeter. Artinya adalah 1m= 10 dm

Sebagai contoh, jika kamu memiliki panjang dalam meter, maka kamu dapat mengonversinya ke desimeter dengan mengalikannya ke angka 10. Rumus ini memberikan nilai yang setara dalam desimeter untuk panjang yang dinyatakan dalam meter.

Contoh Soal Konversi M ke Dm

Soal 1

Saat sedang mengerjakan proyek seni, Andi mengukur panjang sebatang kayu dengan menggunakan penggaris desimeter. Adapun panjang kayu tersebut adalah 16 desimeter. Lalu berapakan nilai panjang kayu apabila harus diubah ke dalam dm?

Pembahasan:

Panjang kayu dalam sentimeter = 16 m x 10 = 160 dm

Jawaban:

16m= 160 dm

Soal 2

Seorang desainer interior mengukur tinggi plafon menggunakan penggaris meter. Tinggi plafon tersebut adalah 3 meter. Coba hitung tinggi plafon ke dalam desimeter!

Pembahasan:

Tinggi plafon dalam desimeter =  3 m x 10 = 30 dm

Baca Juga:  240 Gram Berapa Sendok Makan Gula, Tepung? Ini Jawabannya

Jawaban:

3 m = 30dm

Soal 3

Ayah Hendru adalah seorang petani. Ia sedang mengukur panjang lahan menggunakan penggaris meter. Panjang lahan tersebut adalah 12 meter. Lalu berapa panjang lahan kalau dihitung ke dalam desimeter?

Pembahasan:

Panjang lahan dalam desimeter = 12 m x 10 = 120 dm

Jawaban:

12 m = 120 dm

Soal 4

Anita siswa sedang merancang sebuah hiasan dinding dengan penggaris meter. Panjang hiasan dinding tersebut adalah 4 meter. Berapa panjangnya jika harus diubah ke desimeter?

Pembahasan:

Panjang hiasan dinding dalam desimeter = 4 m x 10 = 40 dm

Jawaban:

4 m = 40 dm

Sampai sini, kamu sudah paham mengenai 1 m berapa dm bukan? Cara hitungnya mudah karena kamu cukup mengalikannya dengan angka 10. Jadi, berapa pun nilai yang ditanyakan, kamu hanya perlu mengalikan dengan 10.