130 mL Berapa Gelas? Cara Menghitung dengan Cepat

Bppkibandung.id – Bahan cair biasanya diukur dengan menggunakan gelas takar. Tapi, tidak semua rumah mempunyai gelas takar sebagai alat ukur baku. Tidak heran kalau beberapa orang kesulitan mendapatkan takaran yang pas untuk 130 mL. Sebaiknya, pelajari cara menghitung 130 mL berapa gelas.

Meskipun tidak selalu ada alat ukur baku di rumah, kamu tetap bisa menghitung cairan dengan menggunakan alat ukur tidak baku, yaitu gelas biasa. Coba temukan gelas di dapur, hitung volume untuk menentukan kapasitasnya, lalu kamu bisa mulai menggunakannya sebagai alat ukur.

Menghitung Kapasitas Gelas di Rumah

Apapun jenis gelasnya, biasanya gelas di rumah berbentuk silinder atau tabung. Kamu bisa menghitung kapasitas gelas tersebut sebelum memanfaatkannya sebagai alat ukur tidak baku. Cara menghitung kapasitas gelas sama dengan cara menghitung volume tabung atau silinder.

Gunakan rumus volume silinder atau tabung saat menghitung kapasitas gelas. Setelah mendapatkan hasilnya dan mengetahui kapasitas gelas tersebut, kamu bisa mulai memanfaatkan gelas untuk mengukur bahan cair saat akan memasak atau mengolah bahan tertentu.

Baca Juga:  130 mL Berapa Sendok  Makan? Cara Konversi Tanpa Kalkulator

Kalau kamu malas menghitung kapasitas gelas dan ingin buru-buru menggunakannya untuk mengukur air atau bahan cair lainnya, coba cermati daftar kapasitas gelas berikut ini.

  • Cangkir kopi dari bahan keramik mempunyai kapasitas 180 mL.
  • Gelas belimbing tanpa gagang mempunyai kapasitas 250 mL.
  • Cangkir keramik yang lebih besar kapasitasnya juga 250 mL.
  • Gelas cendol dari kaca mempunyai kapasitas 400 mL.
  • Cangkir plastik besar dari merek tertentu mempunyai kapasitas 500 mL.

Menghitung 130 mL Berapa Gelas dengan Mudah

Setelah mengetahui kapasitas gelas yang akan kamu pakai sebagai alat ukur, kamu bisa mulai menghitung berapa banyak santan yang bisa diukur dengan setiap gelas tersebut. Berikut ini beberapa cara untuk menghitung berapa gelas bahan cair yang dibutuhkan untuk takaran 130 mL.

  • Jika menggunakan cangkir kopi, maka rumus yang digunakan untuk mengetahui 130 mL berapa gelas adalah 130:180. Hasilnya, 130 mL bahan cair sama dengan 0,72 cangkir kopi atau hampir ¾ cangkir kopi.
  • Kalau kamu akan memakai cangkir keramik yang lebih besar atau gelas belimbing yang ukurannya sama-sama 250 mL, maka rumusnya adalah 130:250. Hasilnya, 130 mL susu cair setara dengan 0,52 atau kurang lebih setengah gelas belimbing atau cangkir keramik.
  • Jika yang digunakan adalah gelas cendol dari kaca yang tidak dilengkapi gagang dengan kapasitas 400 mL, maka rumusnya adalah 130:400. Hasilnya adalah 0,325 gelas atau sekitar sepertiga gelas.
  • Dan kalau yang kamu pakai adalah cangkir plastik besar yang ukurannya 500 mL, rumusnya adalah 130:500. Hasilnya adalah 0,26 gelas atau kurang lebih ¼ gelas besar.
Baca Juga:  30 Gram Berapa Sendok Makan? Ini Cara Hitung Takarannya

Jawaban untuk 130 mL berapa gelas sangat bergantung pada jenis gelas yang ada di rumah kamu dan berapa kapasitasnya. Kalau kamu tidak tahu kapasitas gelas tersebut, coba hitung dengan menggunakan rumus tabung atau silinder terlebih dahulu.