1 dm Berapa m?Cara Menjawab, Hitung Cepat, dan Contoh

Bppkibandung.id – Ketika kamu mengukur sebuah tempat, kebanyakan orang akan menggunakan satuan meter yang umum diketahui oleh siapapun. Namun, bagaimana jadinya jika satuan metrik yang digunakan adalah desimeter? 1 dm berapa m ya kira-kira?

Kalau kamu baru belajar mengenai satuan metrik, maka penting sekali lho mengenali cara hitung dm ke meter itu berapa. Menghitung panjang jalan, tinggi bangunan, atau panjang lapangan sepak bola kebanyakan diukur dengan meter, bukan dm. Jadi, cek yuk cara menghitungnya!

1 Dm Berapa M?

Meter merupakan satuan dasar panjang yang ada dalam sistem metrik. Satu meter nilainya setara dengan 100 sentimeter atau 1.000 milimeter. Nah, meter ini diberi simbol “m.” sementara desimeter punya simbol “dm”.

Dengan demikian, perbedaan utama antara desimeter dan meter adalah besaran dan skala pengukuran panjangnya. Desimeter umumnya digunakan untuk mengukur panjang yang lebih kecil, sedangkan meter digunakan untuk mengukur panjang yang lebih besar dalam konteks umum.

Baca Juga:  60 mL Berapa Sendok Makan? Cara Hitung dan Contohnya

Lalu, 1 dm berapa m? Berapakah nilai dari satu desimeter jika diubah ke meter? Berikut adalah cara atau rumus menghitungnya.

1 dm setara dengan 0,1 meter atau seperseratus meter. Dengan kata lain, 1 dm = 0,1m

Kamu hanya perlu membagi nilainya dengan 10. Misalnya, 1 dm, kamu perlu membaginya dengan 10 sehingga ditemukan angka 0,1 meter.

Contoh Soal Dm Ke M

Soal 1

Saat membangun sebuah model pesawat terbang, Rafi mengukur panjang sayap pesawat menggunakan penggaris desimeter. Panjang sayap tersebut adalah 8 desimeter. Berapakah panjang sayap pesawat dalam meter?

Pembahasan

Panjang sayap pesawat dalam meter =  8 dm : 10= 0,8

Jawaban: 8 dm = 0,8m

Soal 2

Ketika sedang mengerjakan tugas mata pelajaran seni, Maya menggunakan kain dengan panjang 5 desimeter untuk membuat sebuah lukisan besar. Cobalah untuk konversikan panjang kain ini ke dalam meter.

Panjang kain dalam meter =  5 dm:10 = 0,5m

Jawaban: 5 dm = 0,5m

Soal 3

Seorang petani mengukur panjang kebunnya menggunakan penggaris desimeter. Panjang kebun tersebut adalah 12 desimeter. Hitunglah panjang kebun dalam meter.

Baca Juga:  Berapa 15 Gram Berapa Sendok Makan? Ini Jawabannya

Pembahasan:

Panjang kebun dalam meter =  12 dm : 10 = 1,2m

Jawaban:

12dm = 1,2m

Soal 4

Saat merakit sebuah meja, Andi menggunakan papan dengan panjang 7 desimeter. Hitunglah  panjang papan ini ke dalam satuan meter!

Pembahasan:

Panjang papan dalam meter = 7 dm : 10 = 0,7m

Jawaban:

7dm = 0,7m

Soal 5

Dalam pelajaran matematika, siswa-siswa mengukur tinggi patung dengan skala desimeter. Tinggi patung tersebut adalah 17 desimeter. Berapakah tinggi patung jika dihitung menggunakan satuan meter?

Pembahasan:

Panjang patung dalam meter = 17 dm : 10 = 1,7m

Jawaban:

17dm = 1,7m

Setelah latihan dengan 5 contoh soal ini dan kamu tahu nilai dari 1 dm berapa m, maka kamu pasti bisa menjawa soal-soal lainnya. Ingat, kamu hanya perlu membagi nilai yang ditanyakan dengan angka 10.