1 dm Berapa cm? Cara Hitung Konversi dan Contoh Soal Cerita

Bppkibandung.id – Dalam dunia pengukuran, memahami tentang konversi antar satuan panjang menjadi hal penting untuk diketahui. Salah satu konversi yang sering muncul adalah hubungan antara desimeter (dm) dan sentimeter (cm). Apakah kamu tahu 1 dm berapa cm?

Desimeter (dm) dan sentimeter (cm) adalah dua satuan panjang yang umum digunakan dalam sistem metrik. Dibandingkan desimeter, satuan sentimeter menjadi bagian yang sering digunakan pada sistem metrik di seluruh dunia.

1 Dm Berapa Cm?

Desimeter adalah satuan pengukuran panjang dalam sistem metrik. Satu desimeter setara dengan seperseratus meter (1 dm = 0,1 m). Satuan ini digunakan untuk mengukur panjang atau jarak yang lebih besar dibandingkan sentimeter tetapi lebih kecil dibandingkan dengan meter.

Desimeter seringkali digunakan dalam konteks yang memerlukan presisi lebih tinggi daripada meter namun tidak lebih kecil seperti sentimeter atau milimeter. Pertanyaannya, 1 dm berapa cm?

Pada dasarnya, satu desimeter setara dengan sepuluh sentimeter. Artinya, ketika kamu beralih dari desimeter ke sentimeter, maka kamu hanya perlu mengalikan nilai dalam desimeter dengan 10. Berikut rumusnya:

Baca Juga:  7 dm Berapa mm? Cara Hitung Satuan Panjang Tercepat

1 Desimeter (dm) = 10 Sentimeter (cm)

Jadi, ketika ada soal yang bertanya 1 dm brp cm, maka kamu hanya perlu mengalikannya dengan angka 10.

Contoh Soal Dm ke Cm

Soal 1

Seorang tukang kayu mengukur panjang papan kayu dengan penggaris desimeter. Panjang papan kayu tersebut adalah 6 desimeter. Berapa panjangnya dalam sentimeter?

Pembahasan:

Panjang papan kayu dalam sentimeter =  6dm ×10 = 60cm

Jawaban:

6dm= 60cm

Soal 2

Dalam kegiatan olahraga di sekolah, murid-murid mengukur panjang lapangan dengan skala desimeter. Panjang lapangan tersebut adalah 8 desimeter. Berapakah panjang lapangan jika dikonversi ke sentimeter?

Pembahasan:

Panjang lapangan dalam sentimeter =  8dm×10 = 80cm

Jawaban:

8dm=80cm

Soal 3

Saat menghias kelas untuk perayaan, Bu Ida guru kelas 6 menggunakan kain panjang dengan penggaris desimeter. Panjang kain tersebut adalah 5 desimeter. Konversikan panjang kain ini ke dalam sentimeter.

Pembahasan:

Panjang kain 5dm ×10 = 50cm

Jawaban:

5dm= 50cm

Soal 4

Rina sedang membuat model rumah untuk proyek seni sekolahnya. Dia mengukur panjang satu sisi atap menggunakan penggaris yang memiliki skala dalam desimeter. Panjang atap tersebut adalah 4 desimeter. Berapa panjang atap tersebut dalam sentimeter?

Baca Juga:  2500 dm Berapa hm? Cara Menghitung Cepat dan Mudah

Pembahasan:

Panjang penggaris 4dm×10= 40 cm

Jawaban:

4dm=40cm

Soal 5

Ketika mengerjakan tugas matematika, Ani membangun sebuah model jembatan. Panjang satu tiang jembatan yang diukurnya menggunakan skala desimeter adalah 8 desimeter. Berapakah panjang tiang tersebut kalau satuannya sentimeter?

Pembahasan:

Panjang model jembatan 8dmx10 = 80cm

Jawaban:

8dm = 80cm

Dengan memahami 1 dm berapa cm, maka kamu dapat dengan mudah melakukan konversi antara keduanya. Pengetahuan ini penting dalam berbagai konteks, mulai dari pengukuran fisik hingga kegiatan sehari-hari. Jadi, pahami dengan baik, ya!