Konversi 3 Liter Berapa Kg Beras, Minyak Goreng, dan Air

Bppkibandung.id – Pengetahuan tentang 3 liter berapa kg wajib dipahami oleh semua pembeli. Mengingat, saat ini banyak oknum pedagang curang yang memanfaatkan kesalahan perhitungan konversi dari liter ke kilogram. Sebagai pembeli kamu akan dirugikan bila menemui hal semacam ini.

Kamu perlu menghafalkan bahwa konversi dari liter ke kilogram memerlukan rumus massa jenis. Massa jenis beras dengan benda lainnya tidak bisa disamakan. Perhitungan konversi dapat membantu untuk menyesuaikan jumlah keperluan yang dibutuhkan.

Penerapan Konversi dari 3 Liter Berapa Kg

Rumus massa jenis yang digunakan pada konversi liter ke kilogram ialah m = ρ dikali V. Lambang (m) adalah massa yang sedang dicari dalam satuan kilogram dan (ρ) ialah sebuah massa jenis benda dalam satuan kg/L. Sementara itu (V) merupakan volume benda yang ada di sebuah soal.

Baca Juga:  1 Liter Berapa Cm3 (Kubik)? Cara Menjawab dan Menghitungnya

1. Apakah 3 Liter Beras Sama dengan 3 Kg Beras?

Besaran zakat yang wajib dibayarkan sebesar 2,5 kilogram beras. Terkadang beberapa orang menggenapkan jumlah tersebut menjadi 3 kilogram. Namun, masih menjadi perdebatan apakah 3 liter beras sama dengan 3 kilogram beras.

Jika dihitung menggunakan rumus massa jenis, 3 liter beras memiliki nilai yang kurang dari 3 kilogram beras. 3 liter beras sama dengan 2,259 kilogram. Jumlah ini tentu kurang dari ketentuan besaran zakat, kamu perlu berhati-hati menghitung konversi dari liter ke kilogram.

  • ρ = m dibagi V
  • m = ρ dikali V
  • m = 0,753 kg/liter x 3 liter = 2,259 kilogram

2. Apakah 3 Liter Minyak Goreng Sama dengan 3 Kg Minyak Goreng?

Kasus sederhana tentang 3 liter berapa kg dapat juga diselesaikan dengan data minyak goreng. Berdasarkan perhitungan, 3 liter minyak goreng tidak setara dengan 3 kilogram minyak goreng. Data yang benar adalah 3 liter minyak goreng setara dengan 2,799 kilogram.

  • ρ = m dibagi V
  • m = ρ dikali V
  • m = 0,933 kg/liter x 3 liter = 2,799 kilogram

3. Apakah 3 Liter Air Sama dengan 3 Kg Air?

Pertanyaan di atas dapat dijawab secara pasti. 3 liter air mempunyai nilai yang sama dengan 3 kilogram air. Liter sama dengan kilogram berlaku untuk setiap perhitungan konversi yang membahas tentang air, sehingga waktu menghitung yang diperlukan tidak lama.

  • ρ = m dibagi V
  • m = ρ dikali V
  • m = 1 kg/liter x 3 liter = 3 kilogram
Baca Juga:  Menghitung 1 Oz Berapa mL dengan Rumus Konversinya

4. Apakah 3 Liter Cat Sama dengan 3 Kg Cat?

Kaleng berisi 3 liter cat tidak sama bila dipadankan dengan 3 kilogram cat. Cat yang memiliki volume sebanyak 3 liter setara dengan 4,2 kilogram. Ketepatan dalam menghitung konversi ini dapat bantu merencanakan biaya yang akan dikeluarkan untuk melakukan pengecatan tembok.

  • ρ = m dibagi V
  • m = ρ dikali V
  • m = 1,4 kg/liter x 3 liter = 4,2 kilogram

Penutup

Seperti itulah beberapa pembahasan yang berkaitan dengan 3 liter berapa kg. 3 liter beras tidak sama dengan 3 kilogram beras, sebab massa jenis beras hanya sebesar 0,753 kg/liter. Diperlukan kecermatan dalam mengkonversi liter ke kilogram agar zakat yang ditunaikan sesuai aturan.