1 Kg Berapa Ons? Cara Hitung dan Satuan Konversinya

Bppkibandung.id – Konversi satuan berat secara tidak sadar sering kali diterapkan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu konversi yang paling sering dilakukan adalah kilogram (kg) ke ons. Karena itulah, beberapa orang kerap mencari 1 kg berapa ons.

Dalam perhitungan menggunaan metode tangga satuan berat, ons sebenarnya tidak masuk ke dalam daftar. Hal inilah yang kadang kerap membuat orang bingung bagaimana cara konversinya. Apakah kamu adalah salah satu orang yang bingung itu? Jika ya, maka simak artikel konversi ini sampai habis!

Menurut ketetetapan di Indonesia, nilai 1 ons disepakati setara dengan 1 hektogram. Ini artinya, dalam tangga satuan berat, nilai 1 ons ini bisa dianggap sama dengan 1 hektogram. Jadi, jika ingin mengonversi kilogram ke ons, berarti sama dengan konversi kilogram ke hektogram.

Jadi, 1 Kg Berapa Ons?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kamu melihat terlebih dahulu tangga satuan berat. Tujuannnya adalah untuk mengidentifikasi dan mengetahui berapa tangga kenaikan atau penurunannya. Berikut ini adalah tangga satuan beratnya:

Baca Juga:  6 mL Berapa Gram? Jawaban dan Cara Menghitungnya

Kilogram (kg)

Ons/Hektogram (hg)

Dekagram (dag)

Gram (g)

Desigram (dg)

Centigram (cg)

Milligram (mg)

Dari tangga di atas, dapat dilihat bahwa konversi kilogram ke ons (hektogram) mengalami penurunan sebanyak 1 kali. Berdasarkan peraturan tangga satuan berat, maka konversi kg ke ons (hg) ini wajib untuk dikalikan dengan angka 10. Dengan demikian, 1 kilogram setara dengan 10 ons (hg).

Contoh Soal Konversi Kilogram ke Ons

Agar lebih memahami soal konversi berat ini, berikut ini adalah beberapa contoh soal konversi yang bisa kamu pelajari:

Contoh Soal

Seorang petani berhasil panen sebanyak 15 kilogram tomat di ladangnya. Dari seluruh tomat, ternyata sebanyak 2 kilogram sudah busuk sehingga tidak bisa dijual ke pasar. Jadi, berapa ons total berat tomat yang bisa dijual petani tersebut di pasar?

Pembahasan:

Diketahui hasil panen petani keseluruhan 15 kilogram dan gagal panen 2 kilogram, jadi: 15 – 2 = 13 kilogram. Dari hitungan tesebut, diketahui bahwa total tomat yang bisa dijual ke pasar adalah 13 kg. Jadi, total tomat yang dijual ke pasar adalah 13 kg = …. ons (hg)

Baca Juga:  40 mL Berapa Gram? Cara Menghitung dan Jawabannya

Karena jawaban 1 kg berapa ons adalah 10, maka jawabannya adalah:

13 kg = … ons (hg)

= 13 x 10

= 130 ons

Kesimpulannya, jumlah total tomat yang bisa dijual oleh petani adalah 13 kg atau setara dengan 130 ons.

Berdasarkan pembahasan di atas, memang benar bahwa ons tidak ada di dalam daftar tangga satuan berat. Namun karena penggunaannya cukup akrab di kehidupan sehari-hari, maka posisinya pun dianggap setara dengan hektogram (hg) yang berada tepat satu tingkat di bawah kilogram (kg).

Dengan demikian, maka jawaban dari 1 kg berapa ons sama dengan jawaban 1 kg itu berapa hg. Jadi, sudah bisa dipastikan bahwa nilai 1 kg ini sama dengan atau setara dengan 10 ons. Jadi, jangan sampai salah perhitungan!