220 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Hitung dan Takaran

Bppkibandung.id – Mencari tahu takaran 220 gram berapa sendok makan menjadi hal penting saat tidak memiliki timbangan digital. Takaran bahan atau olahan mempengaruhi rasa yang dihasilkan suatu resep masakan terutama kue.

Sendok makan (sdm) sudah menjadi konversi rumah tangga yang paling umum untuk mengukur takaran bahan masakan. Kamu bisa menggunakannya untuk mengukur berbagai bahan, baik yang cair ataupun padat.

Nah, kali ini akan diulas secara lengkap terkait cara mengukur takaran gram ke sendok makan tanpa timbangan. Jika sudah penasaran, sebaiknya langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Takaran Gram ke Sendok Makan

Setidaknya ada dua bentuk bahan olahan yang dibutuhkan dalam membuat menu masakan, yaitu bahan cair dan padat. Masing-masing mempunyai ukuran yang berbeda seperti cc (sentimeter kubik), L (liter), gr (gram), sdt (sendok teh), dan sdm (sendok makan).

Baca Juga:  Konversi 1 km Berapa hm Sesuai Tangga Satuan Panjang

Perlu diketahui bahwa dalam setiap 1 mililiter air memiliki takaran yang sebanding dengan 1 gram. Hal ini karena memang jumlah ruang yang ditempati oleh satuan atau bahan tersebut memang sama.

Sedangkan untuk mengubah volume bahan dalam ukuran sendok makan (sdm) tentu berbeda. Sebab, acuannya yaitu 15 gram sebanding dengan 1 sendok makan atau 3 sendok teh.

Jadi, ketika ingin menghitung satuan gram maka tinggal dibagi dengan angka 15. Sedangkan untuk rumusnya yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:

Sendok Makan = Volume Bahan Masakan : Volume Sendok Makan (1 Sdm/15 gram)

Cara Menghitung Takaran 220 Gram Berapa Sendok Makan

Sudah disebutkan bahwa perhitungan gram ke sendok makan atau sdm terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu membagi volume bahan masakan dengan 15 gram yang setara dengan 1 sdm. Adapun untuk perhitungan 220 gram menjadi ukuran sendok makan yaitu:

Sendok Makan = Volume Bahan Masakan : Volume Sendok Makan

= 220 gram : 1 Sdm

= 220 gram : 15 gram

= 14,67

Hasil dari perhitungan tersebut masih bisa dibulatkan menjadi 15 sendok makan atau sdm. Sehingga, jawaban yang akurat untuk menjawab pertanyaan 220 gram berapa sendok makan adalah 15.

Baca Juga:  1/4 kg berapa ons? Cara Hitungnya dan Penerapan Sehari-hari

Contoh Takaran Gram dalam Sendok Makan (Sdm)

Supaya lebih paham, berikut ini akan diberikan beberapa contoh konversi takaran gram ke sendok makan:

1. Contoh Soal 1

100 gram tepung beras berapa sendok makan?

Jawab:

Sendok makan = 100 gram : 15

= 6,7 atau dibulatkan 7

Jadi, dalam setiap 100 gram tepung beras sama dengan 7 sendok makan.

2. Contoh Soal 2

250 gram gula pasir berapa sendok makan?

Jawab:

Sendok makan: 250 gram : 15

= 16,7 atau dibulatkan 17

Jadi, dalam takaran 250 gram gula pasir sebanding dengan 17 sendok makan.

Itu dia jawaban yang paling tepat dari pertanyaan 220 gram berapa sendok makan dan penjelasannya. Sekarang kamu sudah tidak perlu repot lagi untuk menakar bahan masakan dengan sendok makan. Meskipun cukup simple, tetapi hasil perhitungan ini dijamin akurat.