1 hm Berapa km? Ini Cara Menghitung dan Contoh Soalnya

Bppkibandung.id – Sistem satuan panjang dalam pengukuran antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan dengan faktor konversi. Maka dari itu, kamu bisa mengubah nilai hasil pengukuran dari satu satuan ke satuan yang lainnya, seperti menghitung 1 hm berapa km.

Karena pada dasarnya, dalam setiap pengukuran membutuhkan satuan yang berbeda-beda tergantung dari keperluan. Contohnya yaitu untuk mengukur jarak suatu kota maka paling mudah bisa dengan menggunakan satuan kilometer (km).

Berbeda jika ingin mengukur panjang benda seperti pensil atau pulpen, maka bisa menggunakan satuan centimeter (cm). Untuk itu, pemahaman mengenai konversi satuan panjang sangatlah penting terutama bagi kamu yang sering terlibat dalam kegiatan pengukuran.

1 Hm Berapa Km?

Hektometer atau yang sering ditulis dengan singkatan (hm) ini mungkin jarang sekali digunakan dalam pengukuran sehari-hari. Namun bagi siswa yang belajar Matematika, satuan ini tentu sudah tidak asing lagi dan sudah sering ditemui dalam berbagai jenis soal.

Baca Juga:  150 dm Berapa mm? Cara Hitung Cepat, Pembahasan, Contoh

Maka dari itu, jika kamu menemui hasil pengukuran yang menggunakan satuan hm maka bisa mengubah satuan tersebut menjadi satuan yang lainnya, seperti kilometer (km).

Cara untuk mengubah satuan panjang hasil pengukuran paling mudah yaitu bisa dengan menggunakan tangga konversi.

Cara kerja dari tangga ini adalah apabila posisi satuan naik satu tangga maka nilainya harus dibagi dengan 10, sedangkan apabila posisinya turun satu tangga nilainya dikali dengan 10.

Dengan demikian, jika kamu ingin mengubah satuan dari hm ke km, maka kamu harus menaikkan posisinya sebanyak satu tangga. Sehingga bisa disimpulkan bahwa nilai dari 1 hm setara dengan 0,1 km.

Contoh Soal Konversi dari Hm Menjadi Km

Setelah mengetahui 1 hm berapa km, kamu sudah bisa menjawab beberapa pertanyaan mengenai konversi dari satuan tersebut. Untuk itu, kamu bisa simak beberapa contoh soal di bawah ini:

1.     Contoh Soal 1

Sebuah jalan di kota A sedang dicor. Total panjang jalan yang akan dicor adalah 250 hm. Namun sekarang ini jalan yang sudah dicor baru 90 hm. Hitunglah jalan yang belum dicor dalam satuan hm.

Baca Juga:  90 Gram Berapa Sendok Makan? Contoh Soal dan Konversinya

Jawab:

Total panjang jalan = 250 hm = 25 km

Jalan yang sudah dicor = 90 hm = 9 km

Jadi total jalan yang masih belum dicor adalah 25 km – 9 km = 16 km

2.     Contoh Soal 2

Tinggi Gunung Sumbing adalah 33,71 hm sedangkan tinggi Gunung Merbabu adalah 31,45 hm. Hitunglah selisih kedua gunung tersebut dalam satuan km.

Jawab:

Gunung Sumbing: 33,71 hm = 3,371 km

Gunung Merbabu: 33,45 hm = 3,345 km

Jadi selisih tinggi Gunung Sumbing dan Gunung Merbabu adalah 3,371 km – 3,345 km = 0,026 km

Belajar menghitung nilai dari 1 hm berapa km di atas bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi kamu, mengenai bagaimana cara menghitung nilai konversi dalam satuan panjang. Karena dalam beberapa kegiatan hal tersebut sangat penting untuk diketahui.