5 km Berapa hm? Cara Menghitung Cepat Diluar Kepala

Bppkibandung.id – Kegiatan pengukuran tidak lepas dari satuan yang selalu mengikuti di belakang nilai. Karena dengan adanya informasi satuan yang digunakan, kamu bisa menghitung konversi satuan panjang, seperti 5 km berapa hm.

Selain itu, informasi yang didapatkan juga lebih akurat dan terpercaya. Nilai yang sama dengan satuan yang berbeda menunjukan ukuran yang berbeda juga. Walaupun ada banyak satuan panjang yang tersedia, namun masing-masing saling berkaitan satu sama lain.

Oleh karena itu, kamu bisa melakukan konversi satuan panjang atau melakukan transformasi nilai dari sebuah sistem pengukuran yang satu dengan lainnya. Lalu bagaimana cara untuk menghitungnya? Simak informasi selengkapnya mengenai konversi satuan panjang di bawah ini.

Apa Itu Tangga Satuan Panjang?

Tangga satuan panjang adalah alat visual yang berguna untuk mempermudah untuk melakukan transformasi hasil pengukuran dari suatu sistem satuan pengukuran yang satu dengan yang lainnya.

Dalam tangga satuan panjang terdiri dari satuan-satuan yang tersusun menjadi sebuah tangga. Urutannya yaitu pada tangga paling atas terdapat kilometer (km), di bawahnya ada hektometer (hm), dekameter (dam), meter (m), desimeter (dm), centimeter (cm), dan milimeter (mm).

Baca Juga:  45 Gram Berapa Sendok Makan? Konversi dan Contoh Soal

Untuk mengubah satuan dari yang satu dengan lainnya, bisa dilakukan dengan melihat lokasi atau posisi dari satuan tersebut. Selanjutnya dihitung berdasarkan pada ketentuan yang berlaku, sehingga bisa didapatkan hasil dari 5 km berapa hm.

Cara Menghitung Faktor Konversi

Apabila kamu sudah paham mengenai tangga satuan panjang, berikutnya adalah bagaimana cara untuk menghitung atau menentukan faktor konversi. Jadi untuk menghitungnya, kamu hanya perlu melihat letak dari satuan tersebut, apakah harus naik atau turun tangga.

Ketentuan untuk menghitungnya yaitu setiap kenaikan satu anak tangga maka harus dibagi dengan 10, sedangkan untuk penurunan setiap anak tangga dikali dengan 10.

Ketentuan tersebut berlaku kelipatan, jadi apabila turun sebanyak 2 tangga dikali dengan 100 dan naik 3 tangga dibagi dengan 1000. Contoh hasil perhitungan konversi satuan panjang yaitu sebagai berikut:

  • 3 km = 300 dam
  • 200 hm = 20 km
  • 4000 m = 1 km
  • 300 dam = 30000 dm
  • 10000 mm = 0,1 hm
  • 100 cm = 10 dm

5 Km Berapa Hm?

Setelah mengetahui bagaimana cara menghitung faktor konversi, tentu kamu sudah bisa melakukan perhitungan untuk pertanyaan tersebut dengan mudah. Namun agar lebih paham, kamu bisa menyimak cara menghitungnya untuk pertanyaan ini.

Baca Juga:  500 mL Berapa Kg? Cara Menjawab dan Konversinya

Jadi untuk menghitungnya kamu bisa melihat letak satuan dari km dan hm. Untuk melakukan transformasi dari satuan tersebut, kamu harus turun tangga sebanyak satu anak tangga, sehingga perhitungannya menjadi:

5 km = 5 x 10 hm

5 km = 50 hm

Itulah cara untuk menghitung nilai konversi dari 5 km berapa hm. Dari contoh tersebut, kamu sudah bisa melakukan perhitungan untuk soal serupa lainnya dengan mudah, terutama bagi yang sering terlibat dalam kegiatan pengukuran.