180 ml Berapa Sendok Makan? Rumus dan Cara Menghitungnya

Bppkibandung.id – Bagi yang hobi memasak, tentu sudah sering berhadapan dengan takaran milliliter untuk bahan olahan cair. Salah satunya adalah takaran milliliter yang dikonversi dalam sendok makan atau sdm. Lalu, takaran dalam 180 ml berapa sendok makan?

Untuk mengetahui jawabannya bisa dibilang cukup mudah karena hanya menggunakan rumus konversi. Namun jika memang belum paham terkait rumus konversinya maka tak perlu bingung. Berikut akan disampaikan rumus, cara menghitung, hingga contoh soalnya.

Rumus Konversi Milliliter ke Sendok Makan (Sdm)

Konversi takaran milliliter ke sendok sangat dibutuhkan untuk mengaplikasikan resep masakan. Selain itu, hal ini sangat memudahkan karena kamu tidak perlu lagi menggunakan timbangan digital ataupun sejenisnya.

Pengukuran konversi ini biasanya untuk mengukur cairan seperti saus, minyak, atau cair.  Saat menggunakan sendok untuk mengukur, volumenya sudah pasti berbeda karena tergantung dari ukuran dan bentuk sendok.

Baca Juga:  12 Oz Berapa mL? Cara Hitung dan Konversinya

Meskipun begitu, 1 sendok makan dalam konversi umum dianggap sebanding dengan 15 milliliter. Ini merupakan konversi standar yang sudah disepakati ataupun digunakan di Indonesia. Sedangkan jika digambarkan dalam sebuah rumus maka bentuknya seperti ini:

Jumlah Sendok Makan (Sdm) = Volume Air (Ml) :Volume Sendok Makan

Takaran 180 Ml Berapa Sendok Makan?

Sudah disinggung bawah jumlah sendok makan yang ada dalam 180 milliliter (ml) air ditentukan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut meliputi kerapatan air dan ukuran atau bentuk dari sendok makan itu sendiri.

Perhitungan 180 ml berapa sendok makan bisa dibilang cukup mudah menggunakan rumus sebelumnya. Berikut ini adalah rumus beserta langkah-langkahnya yang perlu diketahui:

Jumlah Sdm = Volume Air : Volume Sendok Makan

= 180 ml :  15

= 12 sendok makan (sdm)

Jadi, 180 milliliter (ml) air memiliki takaran yang setara dengan 12 sendok makan.

Contoh Soal Milliliter ke Sendok Makan (Sdm)

Untuk melengkapi perhitungan ini, selanjutnya akan diberikan beberapa contoh soalnya. Berikut ini contoh soal yang sudah dilengkapi dengan pembahasannya secara detail:

Baca Juga:  650 mL Berapa Gelas? Ini Cara Hitung Sesuai Ukuran Gelas

Contoh Soal 1

Apabila 90 milliliter minyak goreng diukur menggunakan sdm, berapa sdm yang perlu digunakan?

Diketahui: 1 sdm setara dengan 15 milliliter.

Nah, untuk melakukan konversi dari milliliter ke sdm harus menggunakan rumus pembagian yang sudah diberikan. Cara menghitungnya adalah volume minyak dibagi dengan volume sendok makan.

Sendok Makan = Volume Minyak  : Volume Sdm

= 90 milliliter : 15

= 6 sendok makan

Contoh Soal 2

Sony ingin mengukur 30 milliliter sirup menggunakan sendok makan atau sdm. Berapa sendok makan yang perlu digunakan?

Diketahui: 1 sendok makan (sdm) setara dengan 15 milliliter.

Sendok makan = Volume sirup : volume sendok makan

= 30 milliliter: 15

= 2 sendok makan

Memahami konversi dari milliliter ke sendok makan sudah menjadi hal penting saat memasak. Kamu bisa menggunakan rumus konversi untuk menghitung 180 ml berapa sendok makan. Hasilnya dijamin tepat dan akurat tanpa menggunakan alat pengukur seperti timbangan.