1 Gram Berapa Ons? Cara Hitung dan Contoh Soal Lainnya

Bppkibandung.id – Selain kilogram, konversi satuan berat gram juga sering digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Konversi ini ini menjadi snagat penting karena menjadi acuan bagi para penjual dalam memberikan standar harga. Untuk itu, 1 gram berapa ons pun kerap dicari jawabannya.

Sebelum mejawab pertanyaan tersebut, penting untuk diketahui bahwa standar perhitungan ons dalam satuan berat itu harus dilakukan dengan hati-hati. Hal ini disebabkan karena ada dua versi perhitungan ons. Salah konsep perhitungan, maka nilai akhirnya pun akan berbeda.

Adapun dua standar perhitungan ons tersebut adalah versi internasional dan Indonesia. Menurut standar internasional, 1 ons itu setara dengan 28,3495… gram yang akhirnya dibulatkan menjadi 28,34 gram. Sementara itu, standar perhitungan di Indonesia menunjukkan angka yang jauh berbeda.

Perhitungan 1 Gram Berapa Ons

Seperti diketahui, standar Indonesia berpatokan pada tangga satuan berat dalam konversi. Adapun di dalam tangga satuan berat daftarnya ada: Kilogram (kg), Hektogram (hg), Dekagram (dag), Gram (g), Desigram (dg), Centigram (cg) dan Milligram (mg).

Baca Juga:  400 mL Berapa Gelas? Cara Hitung Sesuai Volume Gelas

Seperti dapat dilihat, tidak ada nama ons dalam daftar. Meski demikian, semua sudah sepakat bahwa nilai 1 ons itu setara dengan 1 hg. Oleh karenanya, konversi gram ke ons bisa dibilang sama dengan gram ke hg.

Dengan kenaikan tangga satuan berat sebanyak 2 tingkat, maka nilai konversinya adalah : (10 x 10) atau : 100. Jadi, 1 gram = 1 : 100 ons (hg). Jika diserhanakan, maka angkanya jadi 0, 01 ons (hg). Kesimpulannya, 1 gram setara dengan 0,01 ons atau jika diubahpecahan menjadi 1/100 ons.

Contoh Soal Konversi Gram Ke Ons

Untuk memperluas pemahaman tentang 1 gram berapa ons, berikut ini adalah contoh soal lengkap dengan pembahasannya yang bisa dipelajari:

Contoh Soal:

Alisa membuat kue yang membutuhkan 500 gram mentega pada setiap adonannya. Jika Alisa berencana membuat 5 adonan kue sekaligus, Lantas, berapa total keseluruhan mentega yang harus dibelinya di pasar?

Pembahasan:

Diketahui kebutuhan 1 adonan adalah 500 gram mentega. Jika total Alisa membuat 5 adonan, maka jumlah keseluruhan mentega yang dibutuhkan adalah 5 x 500 gram = 2.500 gram.

Baca Juga:  250 Gram Tepung Berapa Sendok Makan? Ini Jawabannya

Jadi, mentega yang harus dibeli di pasar adalah 2.500 gram = … ons (hg)?

Dari pembahasan sebelumnya, sudah diketahui bahwa nilai dari 1 gram itu setara dengan 0,01 ons (hg). Dengan begitu, nilai dari 2.500 gram adalah:

2.500 gram = … ons (hg)

= 2.500 x 0,01

= 25 ons (hg)

Jika merasa pusing melihat koma, kamu juga bisa melakukan perhitungan dengan menggunakann pecahan, seperti:

2.500 gram = … ons (hg)

= 2.500 x 1/100

= 25 x 1

= 25 ons (hg)

Dari kedua perhitungan diatas, baik desimal maupun pecahan dapat disimpulkan bahwa jumlah total mentega yang dibutuhkan Alisa untuk membuat 5 adonan kue adalah 25 ons.

Pada dasarnya, perhitungan 1 gram berapa ons bisa dilakuan menggunakan dua perhitungan yang berbeda: desimal dan pecahan. Keduanya akan mengantarkan kamu kepada satu jawaban yang sama. Jadi, gunakanlah sesuai preferensi dan kebutuhan masing-masing. Selamat mencoba!