2 mL Berapa Sendok Makan dan Sendok Teh? Ini Cara Hitungnya

Bppkibandung.id – Obat sirup biasanya diresepkan oleh dokter untuk diminum berdasarkan takaran sendok. Jika obat tersebut sudah dilengkapi sendok, maka tidak akan menjadi masalah. Namun, jika tidak berarti kamu harus menyiapkan sendok sendiri. Lalu, bagaimana cara menentukan obat 2 mL berapa sendok?

Setiap resep yang diberikan dokter umumnya ditulis dengan lengkap, terutama jadwal serta jumlah konsumsinya. Sebagai contoh, obat A harus diminum 3x sehari masing-masing sebanyak 1 sendok makan. Nah, dalam hal ini pemahaman pasien akan dosis yang bisa diminum menjadi sangat penting.

Takaran yang sudah dituliskan adalah menggunakan sendok makan. Artinya, kamu harus meminum obat menggunakan takaran sendok makan. Jika meminum obat dengan takaran sendok teh tidak akan sesuai resep dokter. Oleh karena itu, pemilihan jenis sendok akan mempengaruhi dosis obat.

2 mL Berapa Sendok

Sebelum menentukan jumlah sendok yang setara dengan 2 mL, terlebih dahulu kamu harus mengetahui jenis sendok yang akan digunakan. Secara umum, terdapat 2 jenis sendok yang dapat digunakan sebagai alat ukur yaitu sendok makan dan sendok teh seperti yang dijelaskan berikut ini.

Baca Juga:  1 Liter Berapa Cm3 (Kubik)? Cara Menjawab dan Menghitungnya

1. Sendok Makan

Jenis sendok pertama yang sering digunakan untuk mengukur jumlah bahan atau cairan adalah sendok makan. Sendok ini adalah yang digunakan sehari-hari saat makan. Ada yang terbuat dari plastik, logam, baja, dan lain-lain. Sendok makan dapat menampung isi sebanyak 15 mL dalam bentuk cairan.

Dengan begitu, 2 mL berapa sendok makan dapat dihitung dengan mudah. Jika dilihat dari nilainya, 2 mL dapat diperoleh dengan kurang dari 1 sendok makan. Akan tetapi, jika ingin mendapatkan hasil yang akurat, kamu bisa melakukan perhitungan sederhana seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1 sendok makan = 15 mL

2 mL = … sendok makan?

= 2 mL : 15 mL

= 0,13 sendok makan

Jadi, 2 mL diketahui setara dengan 0,13 sendok makan.

2. Sendok Teh

Selain sendok makan, kamu juga bisa mengukur cairan menggunakan sendok teh. Sama halnya dengan sendok makan, sendok teh juga terbuat dari berbagai jenis bahan. Akan tetapi, ukurannya jauh lebih kecil dan biasanya hanya digunakan saat minum teh atau kue yang telah disajikan.

Baca Juga:  Konversi 50 hm Berapa m dan Cara Hitungnya Lengkap

Oleh karena ukurannya yang kecil, daya tampung atau volume dari sendok teh juga lebih sedikit. Jika kamu bertanya, 2 mL berapa sendok teh, maka jawabannya adalah sekitar 5 mL. Artinya, untuk mendapatkan volume yang sama dengan sendok makan, dibutuhkan 3 sendok teh.

1 sendok teh = 5 mL

2 mL = … sendok teh?

= 2 mL : 5 mL

= 0,4 sendok teh

Jadi, 2 mL berapa sendok tergantung pada jenis sendok yang digunakan. Jika kamu memilih sendok makan, maka hanya perlu 0,13, tetapi jika menggunakan sendok teh 0,4. Hal tersebut disebabkan karena ukuran serta daya tampung yang berbeda antara jenis sendok.