100 cc Berapa mL? Cara Menghitung Takaran dengan Mudah

Bppkibandung.id – Berapa ml volume suatu cairan jika pada labelnya tertulis 100 cc? Atau dalam kalimat lainnya yaitu 100 cc berapa ml volume dari benda tersebut. Walaupun pada prinsipnya itu adalah pertanyaan sederhana, mungkin beberapa orang masih bingung artinya.

Pertanyaan itu sangat mudah diketahui jawabannya dengan metode persamaan atau konversi satuan. Tidak membutuhkan rumus-rumus yang rumit, konversi dari cc ke ml bahkan bisa dikerjakan dalam satu langkah saja.

Takaran 100 Cc Berapa Ml

Sebelum menghitung pertanyaan tersebut, pahami dulu pengertian masing-masing satuan tersebut. Cc adalah kepanjangan dari sentimeter kubik, yang dapat juga dituliskan dengan lambang cm3. Fungsi cc adalah sebagai satuan volume, khususnya benda berupa padatan dan gas.

Lalu apakah mililiter itu? Mililiter adalah satuan yang umum dipakai dalam pengukuran volume benda-benda cair, contohnya air, susu, minyak dan sebagainya. Dalam penggunaannya sehari-hari, cc dan mililiter yang disingkat ml, sering dipakai bergantian.

Baca Juga:  Cara Hitung 2 oz Berapa mL dan Gram Lengkap dengan Rumus

1. Konversi Cc ke Ml

Langkah pertama yang harus dipelajari adalah mengetahui 1 cc itu setara dengan berapa ml supaya bisa menjawab pertanyaan di atas. Cc atau sentimeter kubik menurut standar konversi internasional mempunyai nilai yang sama.

Apa maksudnya? Yang dimaksud memiliki nilai yang sama yaitu 1 cc setara dengan 1 ml. Berdasarkan rumus konversi tersebut maka mudah saja untuk menjawab pertanyaannya, yaitu 100 ml. Karena nilainya setara, maka 100 cc itu volumenya sama dengan 100 ml.

2. Perhitungan 100 Berapa Gelas

Alat yang digunakan untuk mengukur cairan salah satunya adalah gelas. Cukup banyak takaran yang menggunakan gelas sebagai ukurannya, disamping liter atau gram. Tidak heran kalau sering juga ada pertanyaan 100 cc setara dengan berapa jumlah gelas.

Konversi cc menjadi gelas sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saat menakar bahan-bahan untuk obat, melihat resep masakan dan sebagainya. Kalau menakar menggunakan satuan cc sulit dilakukan di rumah, bisa diganti saja dengan gelas.

Berapa gelas 100 cc itu bisa dihitung dengan mudah menggunakan rumus konversi yang disepakati. Ukuran yang sudah sering digunakan selama ini adalah :

  • 1 gelas = 250 ml atau 250 cc.
Baca Juga:  30 mL Berapa Gelas? Rumus Menghitung Volume dan Contoh

Jadi, dari rumus tersebut bisa langsung dihitung kalau 100 cc ada berapa gelas. Berdasarkan rumus diatas, maka :

  • 100 cc air = 100/250 = 0,4.

Artinya, kalau menakar cairan 100 cc itu sama dengan 0,4 gelas atau hampir setengah gelas.

Berdasarkan rumus konversi yang telah disepakati, 100 cc berapa ml yaitu 100 ml. Persamaan 100 cc sama dengan 100 ml karena nilai dari cc dan ml itu setara. Jadi, kalau air dengan volume 100 cc itu artinya mempunyai kapasitas sebanyak 100 ml.