22 Oz Berapa mL? Cara Menghitung dan Konversinya

Bppkibandung.id – Satuan oz adalah bahasa Italia, yaitu onza yang artinya sama dengan ons atau ounce kalau bahasa Inggris. Ukuran oz ada beberapa, salah satunya yaitu 22 oz memiliki kapasitas cukup besar. Pertanyaannya, 22 oz berapa ml jika diisi dengan cairan seperti air dan sebagainya.

Meskipun masih asing bagi sebagian besar orang Indonesia, tetapi oz sudah sering digunakan terutama oleh negara-negara Romawi. Arti oz sama dengan ons, tetapi ternyata memiliki nilai yang berbeda, karena tidak setara dengan 100 gram.

22 Oz Berapa Ml

Kapasitas 1 ons yang digunakan di Indonesia besarnya setara dengan 100 gram, tapi nilai tersebut tidak berlaku bagi oz. Sebagai informasi, meskipun sama-sama memiliki arti ons atau ounce tetapi setiap negara mempunyai besaran yang berbeda. Bagaimana maksudnya?

1. Konversi Oz ke Gelas atau Cangkir

Apa yang dimaksud oz itulah yang harus dipahami lebih dulu sebelum menghitung 22 oz ada berapa ml. Oz merupakan satuan yang digunakan oleh negara-negara Romawi seperti Spanyol dan Italia, untuk melambangkan ons.

Baca Juga:  200 mL Berapa Sendok Makan? Cara Hitung & Jawaban

Orang-orang Amerika Serikat dan Inggris menggunakan ukuran oz untuk menunjukkan daya tampung atau kapasitas gelas atau cangkir minuman. Dengan patokan bahwa 1 oz setara dengan 28,4 gram, dan satu cangkir berkapasitas 240 ml beratnya 8 ons, berapa ml 22 oz itu?

2. Berapa Ml 22 Oz

Di Amerika dan Inggris, contoh gelas 22 oz adalah gelas berukuran large yang biasa digunakan oleh kafe dan restoran cepat saji. Artinya, kapasitas gelas 22 oz ini cukup besar dan bisa mencapai ratusan mililiter.

Cara menghitungnya yaitu :

  • 1 oz = 28,4 gram
  • 1 gelas = 8 ons
  • 22 oz = 22/8 x 240 ml = 660 ml.

Kesimpulannya kalau gelas atau cangkir berukuran 22 oz isinya sekitar 660 ml.

Nah, untuk mengetahui jawaban 1 oz berapa ml maka harus dilakukan dengan metode konversi satuan yang sudah ada. Perlu diingat bahwa 1 oz itu sama dengan 1 ons atau setara 100 gram adalah konversi satuan yang digunakan secara internasional.

Namun, meskipun oz artinya sama dengan ons, tetapi nilainya dalam gram berbeda. Untuk satuan onza (Romawi), 1 oz itu setara dengan berat 28,4 gram, bukan 100 gram seperti di Indonesia maupun Belanda. Satu gelas satau cangkir rata-rata beratnya 8 ons.

Baca Juga:  Menghitung 1 Oz Berapa mL dengan Rumus Konversinya

3. Hitungan 1 Oz ke Ml

Berapa ml 1 oz itu, perlu diketahui dulu massa jenis benda yang diukur. Dalam perhitungan ini akan kita gunakan massa jenis zat cair yang paling umum yaitu air, dimana 1 gram sepadan dengan 1 mililiter (ml).  Menurut satuan konversi oz, 1 oz itu sama dengan 28,4 gram atau 28,4 mililiter.

Hasil konversi 22 oz berapa ml adalah 660 ml atau setara dengan gelas large yang ada di restoran atau kafe-kafe. Oz itu adalah satuan ons yang digunakan oleh negara-negara Romawi seperti Italia dan Spanyol, dimana 1 oz nilainya 28,4 gram.