750 mL Berapa Gelas? Ini Cara Konversi dan Menghitungnya

Bppkibandung.id – Selain 1 liter, ukuran yang sering digunakan adalah 750 ml. Contohnya pada ukuran air  mineral, susu, ataupun minuman kemasan lainnya. 750 ml berapa gelas, biasanya sering ditanyakan untuk memudahkan kita membaginya dalam beberapa porsi saat akan dikonsumsi.

Mengapa cara mengubah satuan ml menjadi gelas ini perlu dipahami? Karena konversi ukuran tersebut sering digunakan pada aktivitas kita sehari-hari. Ketika mengkonsumsi minuman tentunya bukan dalam ukuran ml atau liter tetapi menggunakan gelas.

Persamaan 750 Berapa Gelas

Gelas tidak hanya memiliki fungsi sebagai wadah minuman saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai alat ukur. Perhatikan dalam resep-resep masakan, ada beberapa bahan yang ditulis dengan satuan gelas, seperti tepung, gula, minyak dan sebagainya.

Sementara itu, kalau membeli minyak misalnya, ukuran yang digunakan adalah liter atau mililiter (ml). Lalu bagaimana caranya supaya kita dapat menakar bahan-bahan tersebut dengan ukuran yang tepat dan benar?

Baca Juga:  1 hm Berapa km? Ini Cara Menghitung dan Contoh Soalnya

1. Menghitung 750 Ml Ada Berapa Gelas

Menurut rumus konversi volume, 1 gelas itu isinya 250 ml, dengan standar yang digunakan adalah gelas belimbing. Rumus inilah yang kemudian disepakati dan sering dijadikan patokan ketika harus menghitung 1 liter berapa gelas dan sebagainya.

Dengan mengacu pada rumus bahwa 1 gelas setara dengan 250 ml, maka tidak terlalu sulit untuk menghitung 750 ml itu sama dengan berapa gelas. Caranya hitungnya yaitu :

  • 1 gelas = 250 ml
  • 750 ml = 750/ 250 = 3 gelas.

2. Konversi Liter ke Gelas

Disamping satuan ml, ukuran standar untuk menyatakan kapasitas zat cair adalah liter. Pertanyaannya, 1 liter itu sama dengan berapa gelas? Cara menghitungnya tidak berbeda dengan 750 ml berapa gelas yaitu menggunakan patokan 1 gelas sama dengan 250 ml.

Dari patokan tersebut, selanjutnya dapat dihitung berapa gelas 1 liter itu dengan cara :

  • 1 liter = 1000 ml
  • 1 gelas = 250 ml
  • 1 liter = 1000/250 ml =

Artinya, jika kamu memerlukan air sebanyak 1 liter maka harus menakarnya dengan gelas belimbing 4x. Begitu juga kalau pertanyaannya dibalik, 4 gelas itu berapa ml. Patokan yang digunakan tetap sama hanya caranya saja yang dibalik.

Baca Juga:  1 mL Berapa Liter? Cara Menghitung dan Jawabannya

Menghitung 750 ml berapa gelas menjadi sangat mudah kalau sudah paham dengan konsep konversi satuan isi yang disepakati. Menurut rumus, 1 gelas itu setara dengan 250 ml, sehingga kalau 750 ml ada berapa gelas, tinggal dikalikan saja.

Perhitungannya menurut rumus yaitu 750/ 250 ml yaitu hasilnya adalah 3. Maka, dapat disimpulkan bahwa air atau cairan sebanyak 750 ml itu jika diukur dengan gelas maka dibutuhkan 3 gelas. Cara dan rumus yang sama bisa diterapkan pada bilangan lainnya.