180 mL Berapa Gram? Cara Konversi dan Menghitungnya

Bppkibandung.id – Gram (gr) dan mililiter (mL) adalah dua satuan yang sudah umum digunakan sehari-hari. Gram biasanya dipakai untuk menyatakan jumlah benda padat, sedangkan mililiter digunakan untuk benda cair. Akan tetapi, melakukan konversi satuan untuk 180 mL berapa gram juga penting untuk diketahui.

Hal ini disebabkan karena kedua satuan tersebut masih sering digunakan secara tidak tepat. Kadang-kadang, seseorang ingin menyatakan mililiter tetapi menggunakan gram, begitupun sebaliknya. Jika tidak tahu nilai keduanya, maka kamu pasti akan kebingungan untuk mengukur bahan tersebut.

Meskipun demikian, penggunaan gram dan mililiter seharusnya bisa disesuaikan dengan jenis bahan agar menghindari terjadinya kekeliruan. Misalnya, untuk menyatakan tepung atau gula harus menggunakan gram, sedangkan menyatakan kecap, saus, atau air, sebaiknya menggunakan mililiter.

180 mL Berapa Gram

Untuk mengonversi mililiter ke gram sebenarnya adalah hal yang mudah. Secara umum, kedua satuan tersebut memiliki nilai yang sama. Artinya, 1 mL setara dengan 1 gram. Namun, kerapatan setiap bahan secara umum akan berbeda-beda sehingga jika dilarutkan belum tentu menghasilkan nilai yang sama.

Baca Juga:  5,4 km Berapa dm? Cara Menghitung dan Contoh Soalnya

Meskipun begitu, satuan gram dan mililiter telah dianggap sama dan bisa digunakan untuk berbagai jenis bahan. Dalam hal ini, kamu tidak perlu melakukan perhitungan yang rumit untuk mengonversi kedua satuan tersebut. Akan tetapi, jika masih kurang mengerti, bisa melihat cara konversi berikut.

1 mL = 1 gram

180 mL = … gram?

= 180 x 1

= 180 gram

Jadi, 180 mL setara dengan 180 gram.

180 gram Berapa Kg

Selain gram, satuan massa yang juga sering digunakan adalah kilogram (kg). Kamu tentu tidak asing lagi jika ingin memberi bahan masakan dan dikemas per kilogram. Misalnya, beras, tepung, gula pasir, dan bahan padat lainnya. Untuk mengukur massa bahan tersebut biasanya menggunakan timbangan.

Akan tetapi, bagaimana cara mengonversi satuan gram ke kilogram? Jangan khawatir, caranya juga cukup mudah karena sama-sama satuan massa. Kilogram biasanya digunakan untuk menyatakan massa benda yang cukup besar, sedangkan gram untuk benda yang massanya lebih kecil.

1 gram = 0,001 kg

180 gram = … kg?

= 180 x 0,001 kg

Baca Juga:  750 dm Berapa cm? Cara Menghitung dan Contoh Soalnya

= 0,18 kg

Jadi, 180 gram sama dengan 0,18 kg.

180 mL Berapa Gelas

Jika tidak memiliki timbangan di rumah, maka menggunakan gelas sebagai takaran pun bisa dilakukan. Bahkan, cara sudah umum dipakai saat ingin mengukur jumlah bahan masakan atau campuran kue. Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah gelas air minum dengan ukuran standar yaitu 200 mL.

1 gelas biasa = 200 mL

180 mL = … gelas?

= 180 mL : 200 mL

= 0,9 gelas

Selain timbangan, mengukur bahan-bahan dapat dilakukan dengan alat sederhana yang ada di rumah. JIka ingin mengonversi 180 mL berapa gram, harus mengetahui perbandingan nilai dari kedua satuan tersebut. Adapun hasilnya dianggap sama, yaitu mL setara dengan gram.