175 mL Berapa Gelas dan Sendok? Jawaban & Cara Hitung

Bppkibandung.id – Dalam memasak, dibutuhkan berbagai peralatan, seperti wadah, sendok, mixer, cetakan, alat ukur, dan lain sebagainya. Secara umum, alat ukur biasanya berupa timbangan atau wadah lain yang bisa menjadi alternatif. Sebagai contoh, menentukan banyaknya bahan sebanyak 175 mL berapa gelas.

Bagi orang-orang yang memiliki kemampuan yang bagus dalam memasak, mengukur bahan-bahan bisa dilakukan tanpa timbangan. Meskipun hasilnya akan lebih sempurna dengan alat tersebut, tetapi tidak semua orang mampu dan bersedia untuk mengeluarkan uang demi membeli timbangan kue.

Adapun alternatif yang dipilih untuk mengukur berat bahan-bahan adalah menggunakan wadah atau alat yang pasti ada di dapur, seperti gelas dan sendok makan. Untuk jumlah yang cukup besar, biasanya gelas lebih pas untuk digunakan, sedangkan untuk jumlah kecil lebih pas dengan sendok.

175 mL Berapa Gelas

Gelas dikenal memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi. Untuk menjadi alat ukur, dapat menggunakan gelas dengan bentuk apapun selama kamu tahu kapasitas atau daya tampungnya. Mengapa demikian? Karena hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap hasil dari pengukuran.

Baca Juga:  40 km Berapa dm? Jawaban, Cara Hitung, Konsep Satuan

Misalnya, kamu harus menuang air sebanyak 175 mL, perhatikan daya tampung gelas dan isi sesuai dengan volume yang sudah ditentukan. Jika kapasitas gelas tersebut lebih dari 175 mL, maka jangan mengisi gelas dengan air hingga penuh. Lalu, bagaimana cara memperkirakan jumlah air dalam gelas?

Untuk mendapatkan hasil yang akurat harus dilakukan perhitungan sederhana. Pertama-tama, pilih gelas dengan daya tampung yang tidak jauh berbeda dengan cairan yang akan diukur. Setelah itu, hitung besar hasil bagi antara jumlah cairan dengan volume gelas seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1 gelas biasa = 200 mL

175 mL = … gelas biasa?

= 175 mL : 200 mL

= 0,875 gelas biasa

Dengan demikian, diketahui bahwa jawaban dari 175 mL berapa gelas adalah 0,875. Dengan kata lain, banyaknya air yang harus dimasukkan kurang dari satu gelas jika gelas takarannya memiliki daya tampung 200 mL. Akan tetapi, kamu juga bisa menggunakan gelas lain dengan volume yang berbeda.

175 mL Berapa Sendok

Jika mengukur 175 mL air berapa gelas adalah sulit untuk dilakukan, maka tersedia cara lain yakni menggunakan sendok makan. Sesuai dengan namanya, alat ini berupa sendok yang digunakan untuk makan sehari-hari. Ukurannya pun cukup beragam, tetapi dipilih yang paling umum yaitu sendok biasa.

Baca Juga:  1 Ton Berapa Ons? Jawaban dan Pembahasan Cara Hitungnya

1 sendok makan = 15 mL

175 mL = … sendok makan?

= 175 mL : 15 mL

= 11,67 sendok makan

Mengukur 175 mL berapa gelas akan lebih mudah jika alat ukuranya memiliki daya tampung yang hampir sama. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan gelas biasa yang berkapasitas 200 mL. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, diketahui bahwa 175 mL setara dengan 0,875 gelas.