1500 mL Berapa Liter? Cara Konversi Satuan Volume

Bppkibandung.id – Banyak pembahasan di masa sekolah dulu yang sebenarnya sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja pembahasan tentang konversi dari ml ke liter dan sebaliknya. Sebagai contoh, 1500 ml berapa liter? Pertanyaan sederhana ini sering muncul di kehidupan sehari-hari.

Satuan yang sangat sering digunakan adalah liter. Biasanya, satuan liter ini dipakai untuk menunjukkan volume benda cair, gas, dan padat. Benda yang sering memakai satuan liter antara lain air, beras, tabung oksigen, dan lain sebagainya.

Satuan Liter dan Mililiter di Tangga Konversi

Masih ingat dengan tangga konversi? Tangga ini bisa membantu kamu mengetahui 1500 ml setara dengan berapa liter. Ada tujuh anak tangga pada tangga konversi. Mililiter berada di anak tangga paling bawah sedangkan liter berada di anak tangga paling tengah.

Setiap kali akan ‘menaiki’ anak tangga, maka nilainya akan dibagi 10 per anak tangga. Tapi saat ‘menuruni’ anak tangga, nilai suatu benda akan dikali 10 per anak tangga. Jadi, berapa jawaban untuk 1500 ml berapa liter berdasarkan tangga konversi? Begini cara menemukan jawabannya:

  • Buat gambar tangga dengan tujuh anak tangga.
  • Masukkan mililiter (ml) di anak tangga paling bawah dan liter (l) di anak tangga tengah.
  • Berikutnya tuliskan angka 1500 di anak bagian ml.
  • Setiap kali naik satu anak tangga, hapus angka 0 di angka 1500.
  • Ketika sampai di anak tangga liter (l), kamu akan menemukan hasilnya, yaitu 1,5.
Baca Juga:  3 Sendok Makan Berapa Gram? Ini Konversi dan Cara Hitungnya

Ketika sampai di anak tangga desiliter (dl), angka yang kamu dapatkan adalah 15. Karena masih harus naik satu anak tangga lagi, maka angka 15 itu dibagi dengan angka 10 sehingga hasilnya adalah 1,5 liter. Jadi, jawaban untuk 1500 ml berapa L adalah 1,5.

1500 ML Berapa Liter Pada Gelas Takar?

Jika kamu malas menggambar tangga konversi, metode lain untuk mencari tahu jawaban dari pertanyaan 1500 ml sama dengan berapa liter adalah dengan menggunakan gelas takar. Biasanya, gelas takar selalu dilengkapi dengan dua satuan volume, yaitu mililiter dan liter.

Jadi, kamu bisa menggunakan gelas takar langsung untuk mengkonversi ml menjadi liter. Ada 2 gelas takar yang mudah ditemukan, yaitu takaran 500 ml dan 1000 ml. Bagaimana cara mengkonversi benda cair menggunakan gelas takar?

  • Siapkan gelas takar 500 ml dan 1000 ml.
  • Isi kedua gelas takar tersebut dengan bahan cair hingga mencapai batas paling atas.
  • Angka yang ditunjukkan oleh gelas takar kecil adalah 500 ml atau 0,5 liter.
  • Dan angka pada gelas takar besar adalah 1000 ml atau 1 liter.
  • Jika digabungkan maka takarannya adalah 1500 ml atau 1,5 liter.
Baca Juga:  20 kg Berapa Liter Beras? Cara Menghitung dan Penjelasannya

Menghitung jawaban untuk 1500 ml berapa liter sebenarnya sangat mudah. Hanya dengan menggunakan tabel konversi atau gelas takar saja kamu sudah mengetahui berapa takaran suatu benda cair dalam milimeter dan liter.