Kapasitas 20 Oz Berapa mL Air? Ini Cara Hitung Konversinya

Bppkibandung.id – Ada banyak sekali satuan volume yang ada di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah mL, galon, cc, oz, dan barel. Tapi, satuan oz sebenarnya cukup jarang digunakan di kehidupan sehari-hari. Kalau kamu belum pernah menggunakannya, cari tahu caranya mengkonversi 20 oz berapa mL.

Oz atau fl oz atau fluid ounce merupakan satuan untuk ons yang fungsinya adalah menentukan volume dari suatu cairan. Ada dua standar oz yang sering digunakan, yaitu standar Amerika dan standar Inggris. Beberapa satuan cairan lainnya juga sama, hadir dalam beberapa standar.

2 Standar Berbagai Satuan untuk Cairan

Di Indonesia, banyak orang berusaha mencari tahu jawaban untuk 20 oz sama dengan berapa gelas plastik. Hal ini disebabkan oleh penggunaan mL yang lebih familiar dibandingkan dengan oz. Masih ada yang belum tahu 1 oz UK dan US berapa mL.

Seperti yang disinggung sebelumnya, ada dua standar untuk satuan oz, yaitu standar Inggris dan Amerika. Untuk standar Amerika, 1 oz sama dengan 29,57 mililiter. Sedangkan untuk standar Inggris, 1 oz sama dengan 28,41 mililiter.

Baca Juga:  6 hm Berapa m? Cara Menghitung dan Konversi Satuan Panjang

Kedua standar tersebut harus selalu diingat kalau kamu akan sering bekerja dengan cairan dan selalu membutuhkan konversi. Dengan mengingat dua standar tersebut, kamu bisa mengetahui 20 oz setara dengan berapa mililiter.

Konversi 20 Oz Berapa mL dengan 2 Standar

Setelah tahu standar Amerika dan Inggris untuk satuan cairan oz, kamu bisa mulai mengkonversi cairan apapun dari fl oz ke mL. Caranya sangat mudah, hanya dengan memakai rumus berikut ini.

Jika satuan yang digunakan adalah US fl oz, maka 20 oz = 20 x 29,57 = 591,4 mL.

Tapi kalau satuan yang dipakai adalah UK oz, maka 20 oz = 568,2 mL.

Sangat penting untuk mengetahui standar apa yang digunakan untuk 20 ounces. Dengan mengetahui standarnya, kamu bisa menggunakan angka yang benar dan mendapatkan hasil yang tepat.

Satuan Cairan yang Lain

Setelah mengetahui jawaban yang benar untuk 20 oz berapa mL, kamu bisa mencari tahu tentang satuan cairan lain yang berlaku secara internasional. Salah satunya adalah galon. Satuan yang satu ini sering digunakan untuk menakar air mineral, susu, atau minyak zaitun.

Baca Juga:  25 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Hitung Tanpa Timbangan

Seperti halnya oz, ada 2 standar untuk takaran galon, yaitu standar Amerika dan Eropa. Untuk standar Amerika, 1 US gallon sama dengan 3,78 liter. Sedangkan untuk standar Eropa, 1 imperial gallon sama dengan 4 liter.

Mengetahui takaran galon bisa membantu kamu mengetahui berapa mL air yang akan ditampung oleh takaran galon dengan standar Amerika dan Eropa.

Ada 2 metode untuk mengetahui 20 oz berapa mL, yaitu dengan menggunakan standar UK dan US. Ada sedikit perbedaan antara dua standar tersebut, jangan pernah lupakan kalau kamu akan sering mengkonversi dari oz ke mL.