7 dm Berapa mm? Cara Hitung Satuan Panjang Tercepat

Bppkibandung.id – Pengukuran panjang adalah salah satu yang tidak lepas dalam kehidupan sehari-hari, karena berguna untuk mengetahui panjang sebuah banguan ruang, jarak dan ketebalan. Untuk melakukan pengukuran kamu juga harus tahu cara menghitung konversi dari 7 dm berapa mm misalnya.

Dengan mengetahui cara menghitung nilai konversi dari satu satuan ke satuan yang lainnya maka bisa mempermudah proses perhitungan. Contohnya yaitu untuk menghitung jarak umumnya menggunakan satuan kilometer (km) atau meter (m).

Maka dari itu, untuk mengetahui mengenai satuan panjang dan bagaimana cara menghitungnya bisa simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Satuan Panjang?

Sebelum mempelajari bagaimana cara menghitung konversi satuan panjang, kamu harus tahu apa yang dimaksud dengan satuan panjang itu sendiri. Jadi satuan panjang ini adalah ukuran yang digunakan untuk melakukan identifikasi ukuran dari suatu benda.

Selain itu juga bisa digunakan untuk mengukur jarak antara dua titik. Ada beberapa satuan panjang yang ada, namun dalam skala internasional umumnya menggunakan meter (m). Akan tetapi tidak menutup kemungkinan menggunakan satuan panjang yang lainnya seperti dm dan mm.

Baca Juga:  250 Ml Berapa Gelas? Cara Menghitung Tanpa Kalkulator

Bagaimana Cara Menghitung Konversi Satuan Panjang?

Menghitung konversi satuan panjang sebenarnya sangat mudah, kamu hanya perlu menghafalkan tangga satuan panjang yang dimulai dari kilometer, hektometer, dekameter, meter, desimeter, centimeter dan terakhir milimeter.

Tangga satuan ini berguna sebagai pedoman untuk menghitung nilai konversi. Maka dari itu, sebelum menghitungnya kamu bisa menggambarnya terlebih dahulu yang dimulai dari tangga paling atas adalah kilometer (km) dan tangga terakhir adalah milimeter.

Dengan demikian kamu bisa menghitung hasil konversi dari 7 dm berapa mm. Jadi untuk ketentuannya sendiri yaitu untuk setiap turun satu tangga harus dikali dengan 10 dan setiap naik satu tangga dibagi dengan 10.

Dari penjelasan tersebut maka bisa didapatkan beberapa konversi satuan panjang sebagai berikut:

  • 1 kilometer = 10 hektometer
  • 1 kilometer = 100 dekameter
  • 1 kilometer = 1000 meter
  • 1 kilometer = 10000 desimeter
  • 1 kilometer = 100000 centimeter
  • 1 kilometer = 1000000 milimeter
  • 1 meter = 0,1 dekameter
  • 1 meter = 0,01 hektometer
  • 1 meter = 0,001 kilometer
  • 1 desimeter = 10 centimeter
  • 1 desimeter = 100 milimeter

7 Dm Berapa Mm?

Setelah mengetahui cara menghitung konversi satuan panjang, tentu kamu sudah bisa menghitung nilai konversi dari 7 dm sama dengan berapa mm.

Baca Juga:  1 Hg Berapa Ons? Satuan Berat dan Cara Hitungannya

Jadi karena dalam tangga satuan panjang letak desimeter (dm) berada di atas dua tingkat dari milimeter (mm), kamu harus mengalikan angka tersebut dengan 100, sehingga untuk pertanyaan tersebut didapatkan hasil, 7 dm = 700 mm.

Hasil dari 7 dm berapa mm di atas bisa menjadi contoh bagi kamu untuk belajar bagaimana cara menghitung konversi satuan panjang. Sekarang kamu sudah bisa mencoba untuk melakukan perhitungan yang lainnya dengan mudah. Selamat belajar!