7 Liter Berapa Kg? Cara Menghitung dan Contoh Soal Lain

Bppkibandung.id – 7 liter berapa kg? Seiring dengan kebutuhan sehari-hari, kamu mungkin seringkali menemui berbagai satuan pengukuran, baik itu untuk mengukur volume maupun berat. Dalam hal ini, konversi antara liter (L) dan kilogram (kg) seringkali diperlukan, terutama ketika berhadapan dengan beberapa benda cair.

Salah satunya adalah cairan seperti air, minyak, atau bahan cair lainnya. Banyak yang merasa kebingungan berapa konversi dari liter ke kilogram itu sendiri. Nah, kalau kamu merasa bingung, inilah cara mudah menghitung berat cairan dalam satuan kilogram berdasarkan volume dalam liter.

7 Liter Berapa Kg? Begini Cara Hitungnya

Sebelum mengetahui jawaban dari konversi 7 liter ke kilogram, maka sebagai langkah awal, penting untuk diketahui bahwa 1 liter air setara dengan berat sekitar 1 kilogram pada suhu dan tekanan standar. Oleh karena itu, untuk air, konversi liter ke kilogram sangat sederhana.

Baca Juga:  15 ml Berapa Sendok Makan? Cara Konversi dan Contoh Soalnya

Jika merujuk tekanan standar, maka umumnya 1 liter itu sama dengan 1 kg. Namun, untuk cairan selain air, maka kamu perlu memperhitungkan densitas cairan tersebut.

Densitas sendiri adalah massa per satuan volume, dan setiap zat cair memiliki densitas yang berbeda-beda. Rumus umumnya adalah:

Berat(kg)=Volume(L)×Densitas(L/kg​)

Maka dari itu untuk menghitung berat cairan tertentu, kamu perlu mengetahui densitasnya. Misalnya adalah ketika mengkonversi 7 liter berapa kg ketika menghitung beras.

Jika hitungannya adalah beras, maka 1 liter beras adalah 0.753 kg. Sebaliknya, jika 1 kg beras maka hasilnya adalah 1.328 liter.

Jadi, 7 liter berapa kilogram ketika merujuk pada densitas beras, maka jawabannya adalah 0.753×7=5,271 kg.

Contoh Soal Liter ke Kilogram

Nah, supaya lebih jelas mengenai konversi hitungan liter ke kilogram, berikut adalah contoh soal yang bisa dipahami:

1. Contoh Soal Pertama

Ibu harus membayar zakat untuk 4 orang anggota keluarga. Jika per orang harus zakat 2,5 liter, berapa total beras yang harus ibu beli dalam satuan kilogram?

Baca Juga:  3 Sendok Makan Berapa Gram? Ini Konversi dan Cara Hitungnya

Yang ditanyakan: Total zakat 4 orang dalam satuan kilogram

Diketahui: Zakat 1 orang adalah 2,5 liter, maka 2,5×4 orang=10 liter. Jika densitas 1 liter beras adalah 0,753, maka 10×0.753.

Jawaban: 0,753×10= 7,53

2. Contoh Soal Kedua

Seorang koki membutuhkan 8 liter saus tomat untuk resep khususnya. Jika densitas saus tomat tersebut adalah 0.9 kg/l, berapakah berat total saus tomat yang akan digunakan dalam resep tersebut jika dikonversi ke kilogram?

Yang ditanyakan: Berapa berat total resep saus 8 liter dalam kilogram

Diketahui: 1 liter saus tomat densitasnya adalah 0.9 kg. Jadi, rumusnya 0.9×8

Jawaban= 7,2 kg

Dengan menggunakan rumus konversi liter ke kilogram berdasarkan densitas, maka kamu dapat dengan mudah menghitung berat cairan untuk berbagai keperluan seperti praktek kimia, memasak, atau kebutuhan industri lainnya.

Sudah tahu ya jawaban dari 7 liter berapa kg? Nah, dengan memahami prinsip dasar konversi liter ke kilogram, maka kamu dapat dengan mudah menghitung berat cairan, terutama ketika memiliki informasi tentang densitas zat cair tersebut.