20 kg Berapa Liter Beras? Cara Menghitung dan Penjelasannya

Bppkibandung.id – Pertanyaan tentang 20 kg berapa liter takaran beras mungkin masih banyak dipertanyakan. Pasalnya beras selain menggunakan kg juga sering ditakar dengan satuan liter. Sebelumnya kamu harus tahu bahwa kg dan liter adalah dua satuan yang berbeda jenisnya.

Meski berbeda keduanya dapat diaplikasikan secara bersamaan dalam menakar beras. Bahkan tidak hanya beras, minyak, gula pasir dan sejenisnya juga bisa ditakar menggunakan kedua jenis satuan ini. Itulah mengapa banyak yang memerlukan informasi konversi dari kg ke liter atau sebaliknya.

Hasil nilai konversi dari kg ke liter ini sangat dipengaruhi dengan massa jenis bendabyang sedang diukur. Misalnya pada kasus benda beras dan gula pasir, keduanya memiliki massa jenis yang berbeda. Denhan begitu hasil konversi nantinya juga akan berbeda.

Mengenal dan Menghitung Konversi 20 kg Berapa Liter

Kg dan liter memang bukan satu jenis satuan yang sama. Untuk itu konversi antara kedua jenis satuan ini tidak bisa dilakukan secara langsung. Proses konversi harus melalui rumus khusus terlebih dulu. Rumus yang digunakan biasanya adalah rumus massa jenis.

Baca Juga:  100 Gram Tepung Terigu Berapa Sendok Makan? Ini Jawabannya

Dalam rumus massa jenis ini dikenal ada tiga jenis nilai nantinya, yaitu massa, massa jenis dan volume. Berikut ini adalah rumus tertulis yang dimaksud:

M (massa obyek) = P (massa jenis benda) × v (Volume benda)

Rumus mencari nilai volume tersebut biasanya digunakan untuk mencari nilai konversi dari liter ke kg. Lantas bagaimana dengan soal 20 kg berapa liter beras? Tentunya konversi yang dimaksud adalah berbakik, yaitu kg ke liter.

Penyelesaiannya bisa menggunakan rumus yang sama, hanya saja dibalik. Jadi rumus dan tahapannya yang akan dipakai adalah:

  • Volume = m (massa) ÷ p (massa jenis)
  • Sesuai dengan rumus yang akan digunakan tersebut, mula-mula kamu harus tahu dulu nilai dari massa jenis beras. Massa jenis beras sesuai dengan standarnya adalah 0,753 kg/liter. Sedangkan massa yang dimaksud adalah massa beras yang ditanyakan, yaitu 20 kg
  • Maka tinggal masukkan nilai-nilai yang diketahui ke dalam rumus yang ada, menjadi

Volume = 20 kg ÷ 0,753 kg/liter

= 26, 56 liter

Sehingga diperoleh jawaban bahwa 20 kg beras sama dengan 26,56 liter beras.

Baca Juga:  650 mL Berapa Gelas? Ini Cara Hitung Sesuai Ukuran Gelas

Contoh Soal Konversi Liter ke Kg

Pada pembahasan di atas sudah diperoleh nilai 20 kg sama dengan berapa liter beras. Lantas sekarang coba soal konversi terbalik, yaitu konversi dari liter ke kg. Jadi 20 liter beras setara dengan berapa liter? Kamu bisa gunakan rumus seperti di atas, hanya saja konsep rumusnya disesuaikan:

Massa = P (massa jenis) × V (volume)

= 0,753 kg/liter × 20 liter

= 15,06 kg

Sehingga didapatkan hasil dari 20 liter beras setara dengan 15,06 kg.

Konversi beras 20 kg berapa liter di atas berlaku untuk semua jenis benda yang jadi obyek hitung. Hanya saja nilai massa jenisnya harus disesuaikan dengan jenis benda yang sedang dihitung. Untuk itu rumus di atas bisa jadi acuan hitung kg ke liter atau sebaliknya.