25 Kg Berapa Liter Gula Pasir? Ini Cara Konversi dan Jawabannya

Bppkibandung.id – Gula pasir umumnya ditakar dengan satuan kg. Namun terkadang gula pasir juga ditakar dalam satuan liter. Lantas 25 kg berapa liter takaran gula pasir? Pertanyaan ini mungkin sering ditanyatakan oleh pelanggan gula pasir yang butuh takaran liter untuk tiap gula pasir yang dibeli.

Mungkin banyak juga yang bertanya apakah bisa kg dikonversi ke liter? Mengingat kg dan liter ada dalam jenis satuan yang berbeda. Kedua jenis satuan ini bisa saling dikonversi, namun proses konversi tidak bisa dilakukan secara langsung seperti pada satuan yang ada dalam satu tangga satuan yang sama.

Konversi dari kg ke liter ini nilai bisa diperoleh jika diketahui nilai massa jenis obyek yang sedang dihitung. Pasalnya setiap obyek memiliki nilai massa jenis yang berbeda-beda. Seperti halnya beras dan gula pasir atau gula pasir dengan minyak goreng, pasti punya massa jenis yang beda.

Konversi 25 Kg Berapa Liter Berat Gula Pasir

Sebelum konversi kg ke liter, kamu harus tahu nilai massa jenis dari obyek yang akan diukur. Perlu diketahui bahwa ada nilai standar massa jenis dari objek tertentu.

Baca Juga:  110 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Menghitung yang Akurat

Misalnya pada beras, standar nilai massa jenisnya adalah 0,753 kg/liter, air massa jenisnya 1kg/liter, minyak 0,933 kg/liter, sedangkan gula pasir massa jenisnya 0,849 kg/liter. Dari data ini sudah diketahui bahwa gula pasir punya massa jenis yang lebih banyak dibandingkan beras.

Mengapa kita harus tahu nilai massa jenis gula pasir? Hasil konversi 25 kg berapa liter akan sangat dipengaruhi dengan jumlah massa jenis gula pasir itu sendiri. Jadi konversi beras ke Liter dengan gila pasir ke liter tidak bisa dinamakan meski tujuan konversinya sama.

Karena tidak tidak bisa dikonversi secara langsung, maka proses konversinya harus menggunakan rumus khusus. Rumus yang dimaksud adalah:

Volume = Massa Obyek ÷ Densitas obyek

Jawabannya

Rumus tersebut umumnya digunakan untuk mencari nilai konversi dari kg ke liter. Perlu diketahui densitas yang ada pada rumus sama dengan massa jenis. Maka untuk menjawab pertanyaan 25 kg sama dengan berapa liter, tinggal memasukkan angka yang diketahui sesuai rumus:

Volume = Massa ÷ Densitas

Baca Juga:  1 Ons Berapa Sendok Makan? Cara Hitung dan Contoh Soal

= 25 kg ÷ 0,849 kg/liter

= 29,44 liter

Pada implementasi rumus di atas satuan kg hilang karena proses pembagian sehingga nilai volume yang didapatkan memiliki satuan liter.

Rumus konversi yang sudah dijelaskan di atas bisa diaplikasikan juga pada contoh soal konversi kg ke liter untuk jenis benda lainnya seperti beras, air dan minyak. Namun nilai densitas yang berbeda juga harus disesuaikan saat dimasukkan dalam rumus.

Dari penyelesaian konversi 25 kg berapa liter gula pasir, sudah diketahui bahwa 25 kg gula pasir setara nilainya dengan 29,44 liter. Namun ingot, 25 liter gula pasir ke kg hasilnya tidak bisa diambil dari kebalikan jawaban di atas secara langsung karena konsep rumusnya berbeda.