250 ml Berapa Liter? Cara Menghitung Sesuai Tangga Satuan

Bppkibandung.id – Satuan mililiter dan liter merupakan jenis satuan yang paling sering digunakan untuk menyatakan takaran benda cair. Sebenarnya jenis satuan ini bukan satuan yang digunakan pada standar internasional. Pada contoh soal 250 ml berapa liter? Soal ini bisa dijawab dengan cara yang mudah.

Pasalnya mililiter dan liter ini masih dalam jenis satuan yang sama. Dengan begitu proses konversi dari mililiter ke liter atau liter ke mililiter bisa dilakukan secara langsung asal paham dengan prinsip konversi satuan yang sejenis. Biasanya proses konversi satuan yang sama bisa mengacu pada tangga satuan.

Sebelum mengonversi 250 ml sama dengan berapa liter, perlu kamu tahu bahwa mililiter adalah satuan paling kecil dalam keluarga satuan liter. Sehingga posisi mililiter dengan liter tentu masih tinggi liter. Dengan begitu nilai liter lebih besar dari mililiter. Meski begitu nilai keduanya bisa disetarakan.

Menghitung 250 ml Berapa Liter Dalam Tangga Satuan

Sebelum berlanjut menjawab pertanyaan soal 250 ml berapa liter, ada baiknya jika kamu mengenal satuan mililiter dan liter terlebih dulu. Selain itu kamu juga harus tahu dan paham tentang tangga satuan dalam keluarga liter.

Baca Juga:  100 Gram Berapa mL? Ini Rumus Konversi dan Cara Hitung

Satuan liter biasa disingkat dengan simbol “l”, sedangkan satuan mililiter disimbolkan dengan “ml”. Baik liter maupun mililiter berfungsi sebagai satuan pengukur nilai volume obyek. Baik liter maupun mililiter ini sangat penting untuk dipelajari karena keduanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain mengukur benda cair, terkadang liter juga digunakan untuk mengukur benda non-cair. Dalam dunia konversi, ada yang namanya tangga satuan. Tangga satuan ini juga berlaku untuk satuan liter dan mililiter. Seperti yang dikatakan di awal, liter dan mililiter berada di satu tangga satuan.

Namun keduanya memiliki jarak karena beda tingkat. Untuk menetukan jawaban dari 250 ml berapa liter ini kamu bisa mengacu pada tangga satuan liter ini. Agar bisa lebih mengenal tangga satuan, berikut ini urutan tangga satuan untuk menentukan konversi ml ke liter:

  • Kiloliter (kl)
  • Hektoliter (hl)
  • Dekaliter (dal)
  • Liter (l)
  • Desiliter (dl)
  • Centiliter (cl)
  • Mililiter (ml)

Jawabannya

Bisa dilihat pada urutan tangga satuan di atas, terlihat bahwa liter berada di posisi ke 4, sedangkan mililiter ads di posisi terakhir yang artinya ml ini merupakan satuan dengan nilai paling kecil diantara satuan lain dalam tangga satuan. Maka untuk menghasilkan nilai konversi 250 ml ke liter ini dua caranya:

  • Tentukan naik atau turun konveris yang akan dihitung. Berdasarkan soalnya, yaitu 250 ml setara dengan berapa liter maka konversinya naik.
  • Hitung naik berapa tingkat antara ml ke liter. Dari tangga satuan tersebut sudah bisa dilihat bahwa ml ke liter naiknya 3 tingkat.
  • Gunakan prinsip hitung tangga satuan dengan membagi bilangan dengan 1000 karena naiknya tiga tingkat.
  • 250 ÷ 1000 = 0,25.
Baca Juga:  1/2 Ons Berapa Kg? Cara Hitung Secara Cepat & Contoh Soal

Berdasarkan tahapan cara hitung 250 ml berapa liter di atas sudah bisa disimpulkan bahwa 250 ml setara dengan 0,25 liter atau bahasa sederhananya adalah ¼ liter. Dengan begitu tangga satuan bisa langsung digunakan sebagai acuan hitung.