130 mL Berapa Sendok  Makan? Cara Konversi Tanpa Kalkulator

Bppkibandung.id – 130 ml berapa sendok makan penting diketahui saat ingin memasak ataupun menuangkan cairan. Mililiter atau ml sendiri termasuk pengukuran volume yang terdapat dalam sistem metrik. Sedangkan sendok makan adalah satuan pengukuran yang digunakan pada dapur.

Menurut standar, 1 sendok makan (sdm) mempunyai volume sekitar 15 mililiter atau ml. Volume ini bisa bervariasi karena tergantung dari bentuk dan ukuran sendok itu sendiri. Namun yang pasti ukurannya lebih besar jika dibandingkan dengan sendok teh atau sdt.

Lalu bagaimana konversi dari satuan mililiter ke sendok makan? Berikut akan dijelaskan secara rinci terkait mililiter ke sendok makan, cara konversi dan contoh soalnya.

Takaran Mililiter dalam 1 Sendok Makan

Sebelum konversi 130 ml berapa sendok makan, ketahui terlebih dahulu jumlah mililiter dalam 1 sendok makan. Volume sendok makan memang  berbeda karena tergantung dari produsen yang membuat sendok itu sendiri.

Baca Juga:  7 dm Berapa cm? Cara Menghitung dan Contoh Soal Latihan

Seperti misalnya sendok makan di Australia yang umumnya memiliki volume sekitar 20 ml.  Sedangkan di inggris memiliki volume yang cenderung lebih kecil, yaitu hanya 15 ml. Ada juga metric tablespoon yang volumenya dianggap lebih akurat dengan menampung 15 ml air.

Meskipun begitu, 1 sendok makan sesuai ketentuan yang berlaku memiliki volume mencapai 15 ml. Konversi ini sangat dibutuhkan dalam beragam konteks, khususnya untuk mengatur proporsi bahan dalam memasak.

130 Ml Berapa Sendok Makan?

Jika ingin mengkonversi satuan ml dalam sendok makan, selalu ingat bahwa 1 sdm memiliki kapasitas 15 ml. Agar lebih mudah, berikut ini akan diberikan tabel konversinya yang bisa dijadikan acuan:

  • 15 ml = 1 sendok makan (sdm)
  • 30 ml = 2 sendok makan (sdm)
  • 45 ml = 3 sendok makan (sdm)
  • 60 ml = 4 sendok makan (sdm)
  • 75 ml= 5 sendok makan (sdm)
  • 90 ml = 6 sendok makan (sdm)
  • 105 ml = 7 sendok makan (sdm)
  • 120 ml = 8 sendok makan (sdm)

Berdasarkan konversi di atas,  untuk takaran 130 ml berarti dibagi dengan 15 ml sehingga hasilnya 8,6 sdm. Namun konversi ini tidak selamanya memberikan hasil yang akurat dan konsisten. Sebaiknya gunakan sendok takar (pipet) dengan skala pengukuran di setiap sisi.

Baca Juga:  1/4 Ons Berapa Gram? Ini Cara Menghitung dengan Cepat

Contoh Soal

Selanjutnya akan dibagikan beberapa contoh konversi mililiter ke sendok makan untuk memudahkan dalam memahami pembahasan ini:

Soal 1

Berapa sendok makan jika 70 ml minyak diukur dengan sendok makan?

Diketahui: 1 sdm = 15 ml per sendok makan

Jawaban:

Sendok makan = 70 ml : 15 ml

= 4,6 sendok makan

Soal 2

Apabila 150 ml susu ditakar dengan sebuah sendok makan, berapa sendok yang perlu digunakan?

Diketahui: 1 sdm = 15 ml per sendok makan

Jawaban:

Sendok maka = 150 ml : 15 ml

= 10 sendok makan

Jadi, sekarang kamu sudah bisa menjawab pertanyaan “130 ml berapa sendok makan?”. Dengan asumsi 1 sdm mempunyai volume 15 ml, berarti 130 ml setara dengan 8,6 sendok makan. Perhatikan variasi dalam volume sendok makan yang digunakan agar hasilnya akurat.