15 mL Berapa Gram Minyak/Gula dan Lainnya? Ini Cara Hitungnya

Bppkibandung.id – Konversi mililiter ke gram melibatkan pemahaman tentang densitas, yaitu rasio antara massa dan volume suatu zat. Untuk memahami konsep ini, kamu perlu melihat contoh konkret sebelum menjawab pertanyaan tentang: “15 mL berapa gram?”

Konsep dari densitas (D) sendiri didefinisikan sebagai massa (m) suatu zat per unit volume (V), atau D = m / V. Dalam banyak kasus, densitas dinyatakan dalam satuan gram per mililiter (g/mL). Sebagai contoh, air memiliki densitas sekitar 1 g/mL pada suhu dan tekanan standar.

Sekilas tentang Mililiter dan Gram

Mililiter adalah satuan ukur volume dalam sistem metrik, yaitu 1 mL sama dengan 1.000/10 liter. Secara umum, mililiter sering digunakan untuk mengukur volume cairan, seperti air, minyak, atau berbagai jenis larutan.

Di sisi lain, gram adalah satuan ukur massa atau berat dalam sistem metrik. Satu gram setara dengan satu ribu miligram. Massa suatu objek atau substansi dapat diukur dalam gram. Gram digunakan secara luas dalam memasak untuk menimbang bahan makanan atau bahan-bahan lainnya.

Baca Juga:  1 Ons Berapa Gram? Cara Hitung dan Jawabannya

Mililiter dan gram adalah dua satuan yang berbeda, satu untuk volume dan satu lagi untuk massa. Namun, hubungan antara keduanya tergantung pada densitas zat yang diukur. Pemahaman tentang mililiter dan gram serta densitasnya penting dalam banyak konteks, seperti memasak, kimia, farmasi, dll.

Menjawab 15 mL Berapa Gram

1. Cara Menjawab

Apabila seorang koki sedang mempersiapkan resep dan membutuhkan 15 mL minyak zaitun. Kemudian densitas minyak zaitun tersebut adalah 0,92 g/mL, maka akan muncul pertanyaan 15 mL berapa gram atau spesifiknya adalah 15 mL minyak berapa gram?

Pembahasan:

  • Massa (g) = Volume (mL) x Densitas (g/mL)
  • Massa (g) = 15 mL x 0,92 g/mL = 13,8 gram

2. Contoh Soal 1

Seorang ahli kimia harus menentukan berat 25 mL larutan garam. Jika densitas larutan garam tersebut adalah 1,20 g/mL, berapa massa larutan garam tersebut?

Pembahasan:

  • Massa (g) = Volume (mL) x Densitas (g/mL)
  • Massa (g) = 25 mL x 1,20 g/mL = 30 gram

3. Contoh Soal 2

Seorang barista harus menyajikan 50 mL susu ke dalam secangkir kopi. Jika densitas susu adalah 1,03 g/mL, berapa berat susu yang dituangkan?

Baca Juga:  35 Gram Berapa Sendok Makan? Koversi bahan Makanan

Pembahasan:

  • Massa (g) = Volume (mL) x Densitas (g/mL)
  • Massa (g) = 50 mL x 1,03 g/mL = 51,5 gram

4. Contoh Soal 3

Seorang apoteker harus memberikan 10 mL sirup obat. Jika densitas sirup obat tersebut adalah 1,25 g/mL, berapa berat sirup yang harus diberikan?

Pembahasan:

  • Massa (g) = Volume (mL) x Densitas (g/mL)
  • Massa (g) = 10 mL x 1,25 g/mL = 12,5 gram

Dengan mengetahui cara menjawab 15 mL berapa gram, kamu bisa menjawab soal-soal serupa lainnya. Cukup dengan rumus volume dikali densitas saja, maka konversi mililiter ke gram bisa didapatkan dengan mudah. Selamat mencoba!