120 mL Berapa Gram? Cara Hitung, Jawaban, Contoh Soal

Bppkibandung.id – Dalam dunia pengukuran bahan cair, pertanyaan seputar konversi antara mililiter (mL) dan gram adalah hal yang umum. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah 120 mL berapa gram? Pada dasarnya, jawaban atas pertanyaan ini melibatkan konsep densitas, yaitu rasio antara massa zat dan volume wadah.

Densitas sebuah zat dapat bervariasi tergantung pada sifat-sifat bahan tersebut, dan dalam beberapa kasus, densitasnya mungkin hampir sama dengan air pada suhu dan tekanan tertentu. Pada kasus ini, 1 gram air setara dengan 1 mL air.

Namun, ketika kamu membahas substansi lainnya, seperti sirup, minyak, atau cairan kimia khusus, densitasnya bisa berbeda. Maka hasilnya akan sangat berbeda karena wadah setiap zat memiliki massa jenisnya masing-masing.

Jawaban 120 mL Berapa Gram

Saat hendak mengonversi 120 mL menjadi gram, kita perlu mengetahui densitas dari zat cair yang sedang dibahas. Jika densitasnya sama dengan air, maka 120 mL setara dengan 120 gram. Maka, 120 mL air berapa gram bisa menggunakan rumus konversi yang sesuai, yaitu:

  • Massa (g) = Volume (mL) x Densitas (g/mL)
  • Massa (g) = 120 mL x 1 g/mL = 120 gram.
Baca Juga:  5 Gram Berapa mL? Cara Hitung Berdasarkan Densitasnya

Jadi, dalam menanggapi pertanyaan “120 mL berapa gram,” penting untuk menyertakan informasi tentang jenis zat cair yang sedang dibahas. Memahami konsep konversi antara gram dan mililiter memberikan wawasan yang lebih dalam dalam memahami sifat-sifat bahan dan merencanakan penggunaannya.

Kumpulan Contoh Soal dan Pembahasan

1. Contoh Soal 1

Seorang koki hendak menimbang 250 mL minyak sayur untuk sebuah resep. Jika densitas minyak sayur adalah 0,92 g/mL, berapa massa minyak yang ditimbang?

Pembahasan:

  • Massa (g) = Volume (mL) x Densitas (g/mL)
  • Massa (g) = 250 mL x 0,92 g/mL = 230 gram.

2. Contoh Soal 2

Seorang ahli farmasi harus memberikan dosis 150 mL sirup kepada pasien. Jika densitas sirup tersebut adalah 1,4 g/mL, berapa berat sirup yang diberikan?

Pembahasan:

  • Massa (g) = Volume (mL) x Densitas (g/mL)
  • Massa (g) = 150 mL x 1,4 g/mL = 210 gram.

3. Contoh Soal 3

Seorang peneliti kimia harus menambahkan 100 mL larutan gula ke dalam campuran reaksinya. Jika densitas larutan gula adalah 1,2 g/mL, berapa massa gula yang ada dalam larutan tersebut?

Baca Juga:  1 dm Berapa cm? Cara Hitung Konversi dan Contoh Soal Cerita

Pembahasan:

  • Massa (g) = Volume (mL) x Densitas (g/mL)
  • Massa (g) = 100 mL x 1,2 g/mL = 120 gram.

4. Contoh Soal 4

Seorang bartender harus menuangkan 120 mL minuman beralkohol ke dalam gelas. Jika densitas minuman beralkohol tersebut adalah 0,8 g/mL, berapa berat minuman beralkohol yang disajikan?

Pembahasan:

  • Massa (g) = Volume (mL) x Densitas (g/mL)
  • Massa (g) = 120 mL x 0,8 g/mL = 96 gram.

Cara menjawab 120 mL berapa gram di atas sangat mudah dipahami karena cukup dengan mengalikan satuan mL (volume) dengan g/mL (densitas). Jika ingin lebih paham lagi, cobalah mempelajari contoh soalnya dengan baik karena cara sederhana ini bisa cepat dimengerti tanpa perlu menghafal.