Konversi 50 hm Berapa m dan Cara Hitungnya Lengkap

Bppkibandung.id – Kegiatan pengukuran panjang seringkali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa satuan panjang yang digunakan. Selain itu, kamu juga bisa mengganti satuan tersebut sesuai dengan kebutuhan contohnya 50 hm berapa m.

Satuan meter (m) memang sudah ditetapkan sebagai standar satuan panjang oleh SI (Satuan Internasional). Dengan adanya standar satuan meter ini, membuat satuan lainnya menjadi dikenal banyak orang, seperti kilometer (km), centimeter (cm), milimeter (mm) dan satuan panjang lainnya.

Adanya kesepakatan internasional ini juga membuat tangga satuan panjang yang ada di setiap negara sama. Hal ini dikarenakan ukuran memiliki sifat yang teratur, tetap dan juga tidak berubah dimanapun. Sehingga nilai dari 1 meter di Indonesia dan Amerika sama.

Mengenal Satuan Meter

Satuan meter tentu sudah sering kamu dengar, karena banyak yang menggunakannya untuk melakukan berbagai jenis pengukuran. Bahkan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa meter telah ditetapkan sebagai satuan standar dalam SI.

Baca Juga:  8 hm Berapa cm? Cara Hitung dan Contoh Soal Terkait

Sehingga penting bagi kamu mengetahui bagaimana cara menghitung konversi satuan menjadi meter, misalnya yaitu 50 hm berapa m.

Adapun untuk pengaplikasian satuan meter banyak digunakan untuk melakukan pengukuran panjang, tinggi, lebar, jarak dan lain sebagainya.

Mengenal Satuan Hektometer

Hektometer adalah salah satuan satuan panjang yang terdapat sistem metriks dan sering dinyatakan dengan singkatan “hm”. Dalam pengukuran panjang, orang-orang mungkin jarang menggunakan satuan ini.

Akan tetapi satuan ini dalam beberapa soal pada mata pelajaran Matematika atau Fisika tentu masih banyak ditemukan.

Pengaplikasian satuan hm bisa digunakan untuk mengukur jarak dengan skala yang lebih besar. Nilai dari 1 hm setara dengan 0, 1 km atau 100 m.

50 Hm Berapa M?

Belajar konversi satuan panjang tentu paling efektif jika langsung belajar mengenai contoh perhitungannya. Di sini akan dijelaskan cara untuk mengkonversi nilai yang setara dari 50 hm dalam satuan m.

Jadi pertama kamu harus tahu nilai konversi dari hm ke m berapa. Caranya yaitu bisa dengan melihat tangga satuan panjang. Dilihat dari letak satuannya dalam tangga, untuk mengubahnya maka harus turun tangga sebanyak 2 kali.

Baca Juga:  400 dam Berapa dm? Cara Menghitung dan Contoh Soal

Nilai setiap satu anak tangga adalah 10 dan hal ini berlaku kelipatan. Sedangkan untuk menghitungnya kamu hanya perlu melihat apakah posisinya naik atau turun. Jika posisinya naik maka nilainya harus dibagi sedangkan jika turun dikali.

Maka dari itu, bisa disimpulkan perhitungan untuk menyelesaikan soal tersebut yaitu sebagai berikut:

50 hm = 50 x (10 x 10) m

50 hm = 50 x 100 m

50 hm = 5000 m

Hasil dari perhitungan 50 hm berapa m di atas bisa menjadi gambaran bagaimana cara menghitung konversi dalam satuan panjang. Selain itu, diharapkan kamu juga bisa menerapkan ilmu yang didapatkan dari penjelasan di atas dalam kehidupan sehari-hari.