1 Pon Berapa Ons? Cara Hitung, Pembahasan, Jawaban

Bppkibandung.id – Pon atau dalam Bahasa Inggris dikenal pound (lb atau lbm) adalah satuan berat yang digunakan dalam sistem satuan imperial. Satuan ini memang jarang digunakan di Indonesia. Pasalnya, pon umumnya digunakan di luar negeri. Oleh sebab itu, pertanyaan 1 pon berapa ons kerap kali muncul.

Beberapa negara yang menggunakan satuan pon dalam kehidupan sehari-harinya antara lain: Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Selandia Baru dan masih banyak lagi. Namun, istilah ini masih asing di masyarakat Indonesia. Pasalnya, mayoritas masyarakat Indonesia lebih familiar dengan kilogram (kg).

Berbeda dengan pon yang masuk sistem satuan imperial, kilogram termasuk ke dalam sistem satuan metrik. Sebagai negara yang menggunakan sistem satuan metrik, tentu saja masyarakat Indonesia sangat jarang menggunakan pon sebagai satuan berat yang digunakan dalam keseharian.

Perbedaan Sistem Satuan Metrik dan Imperial

Agar lebih memahami tentang konversi pon, mari terlebih dahulu mengerti perbedaan satuan metrik dan imperial berikut ini:

  • Konversi Antar Satuan: Dalam sistem satuan metrik konversi satuan disebut lebih mudah karena menggunakan desimal dan kelipatan 10. Berbeda dengan satuan imperial yang angka konversinya tidak teratur.
  • Nilai: Satuan metrik didasarkan pada konstanta alam (kecepatan cahaya dan gravitasi). Sementara satuan imperial berdasarkan ukuran tubuh manusia (panjang kaki atau lebar tangan). Jika begitu, 1 pon berapa ons? Simak pada pembahasan selanjutnya!
  • Satuan dasar: Dalam sistem metrik dikenal satuan utama berat adalah gram, panjang adalah meter sementara volume adalah liter. Namun dalam sistem imperial satuan utama berat adalah pon, panjang itu inchi sementara gallon untuk volume.
Baca Juga:  1 Barel Berapa Liter Minyak? Cara Menghitung dan Ketetapannya

Meski memiliki ketiga perbedaan yang mendasar, namun ternyata satuan metrik bisa dikonversi menjadi satuan imperial, pun begitu sebaliknya. Seperti konversi pon menjadi ons (hg) yang akan dibahas berikut ini:

Jadi, 1 Pon Berapa Ons?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya untuk menggunakan konversi ke gram terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena ada perbedaan nilai ons menurut perhitungan internasional dan Indonesia. Jadi hasilnya bisa berbeda. Karena itulah, perhitungan dari gram adalah solusi terbaik.

Secara umum, diketahui bahwa 1 pon senilai dengan 453,592 gram.

Berawal dari data tersebut maka kalimat matematika termudahnya adalah: 453,592 gram = … ons (hg). Gram ke ons (hg) mengalami kenaikan 2 tingkat. Ini artinya, konversinya cukup dibagi dengan angka 100.

Jadi, 453,592 gram = … ons (hg)

= 453,592 : 100

= 4,53592 ons (hg)

Dalam peraturan matematika, angka desimal bisa dibulatkan agar tidak terlalu memusingkan. Setidaknya, dua aturan penting dalam pembulatan matematika adalah:

  • Angka desimal lebih besar dari 5 pembulatannya ke atas
  • Angka desimal kurang dari 5 pembulatannya ke bawah
Baca Juga:  1 Ton Berapa Liter? Cara Menghitung dan Rumusnya Lengkap

Berdasarkan peraturan tersebut nilai 4,53592 ons ini pun bisa dibulatkan menjadi 5 ons. Dengan demikian, sudah terbukti bahwa jawaban dari pertanyaan 1 pon berapa ons adalah 5. Jadi kesimpulannya, 1 pon itu setara dengan 5 ons.