Jawaban 60 mL Berapa Gelas dan Contoh Soalnya

Bppkibandung.id – Pertanyaan seperti 60 mL berapa gelas sering muncul ketika ingin menyajikan cairan dalam jumlah yang lebih kecil. Misalnya, seperti minuman atau bahan-bahan dapur. Dalam industri minuman, termasuk kafe, bar, atau produsen minuman, pertanyaan ini dapat muncul dalam pengaturan porsi.

Oleh karena itu, mengetahui jumlah gelas yang bisa didapatkan dari suatu cairan akan sangat berguna dalam kehidupan sehari. Dalam matematika, pertanyaan semacam ini bisa dihitung tanpa harus melakukan praktik langsung, sehingga bisa digunakan sebagai bagian dari perencanaan.

Jawaban dari 60 mL Berapa Gelas

Apabila ingin mengonversi 60 mL sama dengan berapa gelas, perlu mengetahui volume satu gelas terlebih dahulu. Satuan volume gelas dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis gelas yang digunakan. Sebagai ilustrasi, mari ambil contoh gelas yang umumnya digunakan adalah sekitar 240 mL.

Baca Juga:  300 cc Berapa mL? Cara Menghitung dan Contoh Soalnya

Dengan asumsi bahwa satu gelas memiliki volume sekitar 240 mL, maka dapat menghitung berapa banyak gelas dalam 60 mL dengan membagi volume total (60 mL) dengan volume per gelas (240 mL):

  • Jumlah Gelas = Volume / mL per gelas
  • Jumlah Gelas = 60 mL / 240 mL per gelas = ¼ gelas

Jadi, 60 mL setara dengan seperempat gelas jika kamu mengasumsikan satu gelas memiliki volume sekitar 240 mL. Perlu diingat bahwa hasil 60 mL berapa gelas ini dapat berbeda tergantung pada ukuran dan jenis gelas yang digunakan sebagai bahan pengukuran.

Kumpulan Contoh Soal dan Pembahasan

1. Contoh Soal 1

Sebuah teko berisi 800 mL teh. Jika setiap gelas mampu menampung 200 mL, berapa banyak gelas yang dapat diisi dari teh tersebut?

Pembahasan:

  • Jumlah Gelas = Volume / mL per gelas
  • Jumlah Gelas = 800 mL / 200 mL per gelas = 4 gelas

Jadi, teh dalam teko tersebut dapat mengisi 4 gelas.

2. Contoh Soal 2

Seorang barista sedang menyajikan kopi. Jika satu cangkir kopi memiliki volume 150 mL, berapa banyak cangkir kopi yang dapat disajikan dari 450 mL kopi?

Baca Juga:  1/5 Gram Berapa Ons? Cara Menghitung dengan Rumusnya

Pembahasan:

  • Jumlah Cangkir = Volume / mL per gelas
  • Jumlah Cangkir = 450 mL / 150 mL per gelas = 3 gelas

Jadi, 450 mL kopi dapat disajikan dalam 3 cangkir.

3. Contoh Soal 3

Seorang ibu menuangkan 1.2 L susu ke dalam gelas. Setiap gelas mampu menampung 300 mL susu. Berapa banyak gelas yang dapat diisi dengan susu tersebut?

Pembahasan:

  • Jumlah Gelas = Volume / mL per gelas
  • Jumlah Gelas = 1200 mL / 300 mL per gelas = 4 gelas

Jadi, 1.2 L susu dapat diisi dalam 4 gelas.

Dengan memahami volume gelas dan melakukan perhitungan sederhana, kamu dapat mengonversi 60 mL berapa gelas dengan cepat dan akurat. Cara ini akan sangat membantu apabila sedang ingin memprediksi banyaknya gelas yang akan terisi oleh suatu cairan.