Cara Hitung 1 Kg Berapa Liter dengan Mudah dan Cepat

Bppkibandung.id – Dalam perhitungan konversi 1 kg berapa liter, dikenal adanya istilah densitas. Pasalnya peran densitas ini cukup penting dipertimbangkan karena cairan yang sedang dihitung punya kadar dan cara hitung yang bermacam-macam. Lantas apa sebenarnya yang dimaksud dengan densitas ini?

Dalam istilah umumnya, densitas memiliki arti nilai massa pada tiap satuan volume yang ada pada suatu zat. Jika nilai densitas ini diketahui, maka akan lebih mudah untuk mengetahui nilai atau massa zat dalam satuan kilogram atau kg. Selain densitas, biasanya dikenal juga istilah massa jenis.

Istilah massa jenis juga penting dipahami untuk proses konversi antara kg ke liter. Lantas massa jenis sendiri punya makna perbandingan dari volume dan massa benda tertentu. Misalnya dalam contoh soal beras memiliki berat 0,563 kg/ liter, artinya beras 1 liter punya massa 0,563 kg.

Ketentuan Massa Jenis Suatu Zat

Sebelum benar-benar berlatih hitung nilai kg ke liter, perlu dipahami dulu konsep perhitungan dari kedua jenis satuan ini. Sebenarnya untuk menghitung nilai 1 kg sama dengan berapa, maka harus disesuaikan dengan massa jenis benda yang jadi objek hitung.

Baca Juga:  Konversi 3 Liter Berapa mL, Cara Hitung dan Contoh Soal

Adapun massa jenis suatu benda biasanya didapatkan dari nilai berat benda dibagi dengan volume terukur. Hasil dari perhitungan 1 kg menjadi liter ini akan berbeda-beda pada benda seperti beras, kinya dan air sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya bahwa massa jenis benda berbeda-beda.

Maka perlu diketahui dulu nilai massa jenis dari ketiga objek hitung tersebut, yaitu:

  • Massa jenis air (p) = 1000 kg/ m3 = 1 kg/ l
  • Massa jenis minyak (p) = 800 kg/ m3 = 0,8 kg/ l
  • Massa jenis beras (p) = 753 kg/ m3= 0,753 kg/ l

Cara Hitung 1 Kg Berapa Liter

Nilai massa jenis suatu benda ini sifatnya tidak tetap alias mudah berubah. Berdasarkan 3 perhitungan massa jenis dari air, beras dan minyak di atas, maka bisa diperoleh rumus praktis untuk menghitung 1 kg berapa liter berdasarkan massa jenis benda tersebut.

  • 1 kg air berapa liter?

V = m ÷ p

= 1 kg ÷ 1 kg/l

= 1 l. Maka 1 kg air senilai dengan air 1 liter.

  • 1 kg minyak berapa liter?

V = m ÷ p

= 1 kg ÷ 0,8 kg/l

= 1, 25 l. Jadi 1 kg minyak setara dengan 1, 25 liter.

  • 1 kg beras berapa liter?
Baca Juga:  2 kg Berapa dag? Cara Konversi dan Contoh Soal

V = m ÷ p

= 1 kg ÷ 0,753 kg/l

= 1,33 l. Sehingga hasil dari 1 kg beras sama dengan 1,33 liter beras.

Dari ketiga perhitungan massa jenis benda yang sudah dihitung di atas, rumus yang digunakan memang sama persis. Namun hasil yang diperoleh sangat berbeda karena disesuaikan dengan nilai massa jenis benda di awal. Sehingga hasil perhitungan 1 kg berapa liter jawabannya pun bervariasi sesuai objeknya.