1 hm Berapa dam? Cara Hitung Sesuai Konversi Panjang

Bppkibandung.id – Menghitung panjang, jarak, tinggi, lebar ataupun luas selalu diikuti dengan penggunaan satuan panjang di belakangnya. Selain untuk memperjelas ukuran yang sebenarnya, tujuan dari satuan ini juga mempermudah dalam proses perhitungan, seperti menghitung konversi 1 hm berapa dam.

Dengan mengetahui nilai konversinya, kamu bisa mengubah nilai hasil pengukuran ke dalam satuan yang berbeda. Jika nilainya terlalu kecil maka satuan bisa diubah ke satuan yang berada di tingkat bawahnya, sedangkan jika nilainya terlalu besar maka satuan bisa diubah ke tingkat di atasnya.

Namun untuk melakukan perubahan ini tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang tepat. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara menghitung konversi satuan panjang, simak uraian di bawah ini:

 1 Hm Berapa Dam?

Ketika mengolah data hasil pengukuran, terkadang terdapat data dengan satuan yang tidak sesuai dengan kebutuhan, baik itu karena tidak sama dengan format yang ada atau nilai tersebut sulit untuk dihitung.

Baca Juga:  Konversi 50 ml Berapa Sendok Makan dan Contoh Soalnya

Maka dari itu, konversi satuan panjang diperlukan. Kamu bisa mengubah data hasil pengukuran menggunakan satuan yang diinginkan. Cara menghitung konversi satuan panjang yang paling mudah adalah menggunakan tangga satuan panjang.

Apabila kamu ingin mengubah hasil dari 1 hm dalam satuan dam, maka kamu harus tahu terlebih dahulu letak dari kedua satuan tersebut.

Ketentuan menggunakan tangga ini adalah untuk setiap perubahan satu tangga bernilai 10. Nilai ini berlaku kelipatan mulai dari 10, 100, 1000 dan seterusnya.

Dimana jika mengalami kenaikan maka harus dibagi dan jika turun harus dikali. Jadi jika kamu ingin merubah sebuah satuan dan mengharuskan untuk turun sebanyak 3 anak tangga maka harus dikali dengan 1000.

Sedangkan jika ingin mengubah satuan dari hm ke dam, dilihat dari letak satuan tersebut pada tangga, maka untuk merubahnya harus turun sebanyak 1 tangga, dengan demikian jawaban dari konversi tersebut yaitu:

1 hm = 1 x 10 dam

1 hm = 10 dam

Daftar Konversi dari Hm ke Dam

Sebelumnya kamu sudah mengetahui nilai dari 1 hm berapa dam. Dari hasil tersebut diketahui bahwa untuk mengubah satuan dari hm ke dam maka hanya perlu mengalikannya dengan 10. Untuk menambah pemahaman kamu, berikut ini merupakan beberapa daftar hasil konversi dari hm ke dam.

  • 0,5 hm = 5 dam
  • 7 hm = 70 dam
  • 14,6 hm = 146 dam
  • 19 hm = 190 dam
  • 25 hm = 250 dam
  • 50 hm = 500 dam
  • 70,5 hm = 705 dam
Baca Juga:  1/2 Ons Berapa Kg? Cara Hitung Secara Cepat & Contoh Soal

Menghitung nilai konversi dari 1 hm berapa dam dan satuan yang lainnya bisa dilakukan dengan mudah menggunakan tangga satuan panjang. Dengan mempelajari materi di atas kamu bisa melakukan perhitungan untuk merubah hasil pengukuran ke dalam berbagai satuan yang dibutuhkan.