12 Liter Berapa Kg? Cara Menghitung Sesuai Rumus Berat

Bppkibandung.id – 12 liter berapa kg adalah salah satu contoh perhitungan konversi yang dapat muncul dalam soal matematika dan fisika. Penyelesaian konversi soal ini dapat dilakukan dengan mengaplikasikannya pada rumus massa jenis. Singkatnya rumus massa jenis ditulis sebagai (m = ρ x v).

Massa jenis juga sering disebut dengan istilah kerapatan. Istilah ini dimanfaatkan dalam ilmu fisika untuk mengetahui perbandingan antara massa sebuah benda dengan volumenya. Kamu dapat berlatih melakukan konversi dari liter ke kilogram dengan memahami beberapa contoh berikut.

Rumus Konversi 12 Liter Berapa Kg

Perhitungan konversi dari liter ke kilogram paling mudah dilakukan untuk sebuah air. Sebab massa jenis air adalah 1 kg/L, sehingga 12 liter air senilai dengan 12 kilogram. Hasil ini diperoleh dari perkalian antara massa jenis air dengan volume air, lalu bagaimana untuk perhitungan benda lain?

Baca Juga:  Cara Hitung 1 Kg Berapa Liter dengan Mudah dan Cepat

1. 12 Liter Senilai dengan Berapa Kg Beras?

Beras merupakan bahan pokok yang menjadi kebutuhan dasar manusia. Di lingkungan pasar, beras ditawarkan dengan satuan liter dan diukur menggunakan gelas ukur khusus. 12 liter beras senilai dengan 9,036 kilogram, hal ini menunjukkan bahwa massa jenis beras sangat memengaruhi konversi.

  • Massa (m) = massa jenis benda (ρ) x volume (v)
  • Massa (m) = massa jenis beras x volume
  • Massa (m) = 0,753 (kg/L) x 12 (L) = 9,036 kilogram

2. 12 Liter Senilai dengan Berapa Kg Tepung Terigu?

Massa jenis terigu diketahui lebih ringan dibandingkan beras, yakni sebesar 0,525 kg/L. Untuk merubah konversi dari 12 liter berapa kg untuk tepung terigu, kamu dapat memanfaatkan rumus massa jenis. Hasilnya menunjukkan bahwa 12 liter tepung terigu senilai dengan 6,3 kilogram.

  • Massa (m) = massa jenis benda (ρ) x volume (v)
  • Massa (m) = massa jenis tepung terigu x volume
  • Massa (m) = 0,525 (kg/L) x 12 (L) = 6,3 kilogram

3. 12 Liter Senilai dengan Berapa Kg Minyak Goreng?

12 liter minyak goreng memiliki nilai yang sama dengan 11,196 kilogram minyak goreng. Hal ini perlu kamu perhatikan ketika membeli minyak goreng dengan satuan kilogram. 12 liter tidak setara dengan 12 kilogram untuk minyak goreng.

  • Massa (m) = massa jenis benda (ρ) x volume (v)
  • Massa (m) = massa jenis minyak goreng x volume
  • Massa (m) = 0,933 (kg/L) x 12 (L) = 11,196 kilogram
Baca Juga:  1 Kg Berapa Ons? Cara Hitung dan Satuan Konversinya

4. 12 Liter Senilai dengan Berapa Kg Bensin?

Sama halnya dengan beberapa contoh soal di atas, konversi kali ini juga memerlukan massa jenis benda yang ditanyakan. 12 liter senilai dengan 8, 91 kilogram untuk sebuah bensin. Jawaban tersebut dihasilkan dari perkalian antara 0,7425 dengan 12.

  • Massa (m) = massa jenis benda (ρ) x volume (v)
  • Massa (m) = massa jenis bensin x volume
  • Massa (m) = 0,7425 (kg/L) x 12 (L) = 8,91 kilogram

Penutup

Menerapkan rumus konversi dari soal 12 liter berapa kg memerlukan ketelitian dalam pengerjaanya. Pasalnya, setiap benda mempunyai massa jenis yang beragam. Air, minyak goreng, dan bensin tergolong dalam benda cair, namun ketiganya memiliki massa jenis yang berbeda.