30 m berapa hm? Cara Menghitung dan Konsep Tangga Panjang

Bppkibandung.id – Dalam pengukuran panjang, jarak atau tinggi suatu benda, kamu bisa menggunakan beberapa pilihan satuan yang digunakan. Atau kamu bisa juga mengubah hasil yang didapatkan ke dalam satuan yang diinginkan melalui konversi, seperti perhitungan 30 m berapa hm.

Tujuan dari melakukan konversi ini umumnya agar proses perhitungan bisa lebih mudah dilakukan. Karena satuan panjang bisa divisualisasikan menjadi sebuah tangga di mana dalam setiap anak tangganya memuat satuan-satuan panjang.

Semakin tinggi posisi satuan dalam tangga, maka dengan nilai yang sama ukurannya semakin besar. Dalam beberapa bidang, perhitungan ini menjadi sangat penting dan wajib dikuasai agar bisa didapatkan perhitungan yang tepat dan sesuai.

Urutan Tangga Satuan Panjang

Sebelum menghitung nilai konversi dari 30 m berapa hm. Pertama kamu harus tahu tangga satuan panjang. Jadi tangga ini berisikan satuan panjang yang tersusun secara berurutan. Dari urutan inilah nantinya kamu bisa menentukan faktor konversi untuk masing-masing satuan panjang.

Baca Juga:  Konversi 15 Gram Berapa mL, Ini Cara Hitung dan Contoh Soal

Urutan satuan panjang di dalam tangga yaitu sebagai berikut:

  • Kilometer (km)
  • Hektometer (hm)
  • Dekameter (dam)
  • Meter (m)
  • Desimeter (dm)
  • Centimeter (cm)
  • Milimeter (mm)

Konsep Konversi Menggunakan Tangga Satuan Panjang

Mengubah satuan panjang dalam pengukuran terkadang dibutuhkan untuk mendapatkan data yang sesuai dengan format. Mengkonversi satuan panjang yang paling mudah adalah menggunakan tangga satuan panjang.

Dari tangga inilah kamu bisa menghitung faktor konversi dari satu satuan dengan satuan yang lainnya. Caranya adalah dengan melihat posisi dari kedua satuan yang akan diubah nilainya.

Adapun untuk ketentuannya yaitu untuk setiap anak tangga nilainya 10, dimana jika posisinya naik nilai konversinya harus dibagi dan jika turun nilainya harus dikali. Nilai tangga ini berlaku kelipatan yang dimulai dari 10, 100, 1000 dan seterusnya.

30 M Berapa Hm?

Agar bisa memahami lebih baik cara menghitung konversi satuan panjang, berikut ini akan dijelaskan mengenai contoh perhitungan konversi 30 m menjadi hm. Untuk mengerjakannya, langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu menggambar tangga satuan pengukuran.

Baca Juga:  1 dag Berapa Ons? Cara Menghitung dan Contoh Soal

Setelah itu, hitung jarak dari satuan m ke hm dan lihat apakah posisinya naik atau turun. Jika dilihat dari tangga, untuk mengubah m menjadi hm harus naik sebanyak 2 anak tangga. Jadi bisa disimpulkan bahwa untuk mengubah satuan dari m menjadi hm, nilainya harus dibagi dengan 100.

Sehingga hasil dari perhitungan konversi 30 m menjadi hm adalah sebagai berikut:

30 m = 30 ÷ (10 x 10) hm

30 m = 30 ÷ (100) hm

30 m = 0,3 hm

Cara menghitung konversi dari 30 m berapa hm yaitu cukup dengan membaginya dengan 100. Karena dilihat dari posisinya dalam tangga naik 2 tingkat. Selain contoh tersebut, kamu juga bisa menerapkan materi ke dalam banyak perhitungan konversi satuan panjang yang lainnya.