1 Liter Beras Berapa kg? Cara Menjawab dan Contoh Soal

Bppkibandung.id – Pertanyaan umum seperti 1 liter beras berapa kg kerap muncul dikarenakan beras merupakan bahan pangan pokok yang menduduki peran penting dalam kehidupan sehari-hari di berbagai belahan dunia. Pemahaman mengenai hal ini perlu dikuasai agar memahami konversi dengan baik.

Terlebih lagi di Indonesia, beras merupakan bahan pangan pokok yang dibutuhkan setiap harinya. Oleh sebab itu, kamu perlu menguasai konversi satuan liter beras ke kilogram dengan baik. Cermati penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1 Liter Beras Berapa Kg? Simak Jawabannya Berikut!

Dalam setiap liter beras, terdapat kaitan yang jelas dengan beratnya, dengan nilai konversi yang dinyatakan sebagai 0,753 kg beras per liter. Untuk memahami konversi ini, digunakan rumus dasar konversi satuan, yaitu sebagai berikut:

v = m / p

  • v = volume
  • m = massa
  • p = massa jenis

Rumus konversi tersebut dapat dijelaskan lebih lanjut melalui perhitungan konkret ketika kamu ingin mengubah 1 liter beras ke kilogram. Dengan menerapkan rumus v = m / p, kamu dapat menguraikan perhitungan sebagai berikut:

Baca Juga:  5 Liter Berapa Kg? Rumus, Cara Hitung dan Contoh Soal

Volume beras = berat beras x berat jenis beras

= 1 kg x 0,753 kg/liter

= 0,753 kg

Melalui perhitungan di atas, kamu bisa mengetahui jawaban dari 1 liter beras berapa kg yaitu sebesar 0,753 kg. Usai memahami hal tersebut, kamu akan jauh lebih mudah dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan konversi liter ke kilogram.

Contoh Soal Konversi Liter ke Kilogram

Agar dapat memahami rumus dasar di atas, kamu perlu berlatih contoh soal yang serupa. Dengan begitu, kamu dapat mudah menjawab soal-soal konversi di kehidupan sehari-hari. Mari simak contoh soal beserta penjabarannya berikut:

  1. Jika seorang ibu membeli beras sebanyak 5 liter, berapa berat beras dalam kilogram yang dibelinya?

Jawaban:

Menggunakan rumus konversi v = m / p, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Diketahui v = 5 liter, massa = volume x massa jenis

Massa = 5 liter x 0,753 kg/liter

Sehingga, massa = 3, 765 kg.

  1. Jika toko beras menjual beras dalam kemasan 2 liter, berapakah berat beras dalam satu kemasan tersebut?

Jawaban:

Dengan rumus konversi yang diberikan, kamu bisa menghitung:

Massa = volume x massa jenis

Baca Juga:  100 Gram Sama dengan Berapa Sendok Makan? Ini Jawabannya

= 2 liter x 0,753 kg/liter

= 1,506 kg

  1. Arif memiliki 3 kg beras dan ia ingin mengetahui berapa volume berasnya dalam liter, berapa volume yang dibutuhkan Arif?

Jawaban:

Untuk menghitung volume yang mempunyai satuan liter. rumusnya adalah seperti berikut:

Volume = massa/massa jenis

Volume = 3 kg/0, 753 kg/ liter

Volume = 3, 98 liter

Melalui contoh soal di atas, kamu bisa mempelajari konversi dari liter ke kg dengan baik. Pertanyaan seperti 1 liter beras berapa kg tidak akan membuat kebingungan lagi jika sudah memahami rumus beserta beberapa contoh soal yang telah tersedia di atas.