1 Liter Beras Berapa Ons? Rumus Perhitungan dan Contoh Soal

Bppkibandung.id – Sudahkah kamu mengetahui jawaban dari 1 liter beras berapa ons? Meskipun berbeda jenis satuan, liter yang merupakan satuan volume bisa diubah ke ons yang merupakan satuan berat. Namun, keduanya memerlukan rumus yang tepat agar memperoleh hasil yang benar.

Satuan berat yang sudah dikenal di Indonesia merupakan warisan dari masa Kolonial Belanda, di mana 1 ons setara dengan 0,1 kilogram atau 1/10 kilogram. Dalam konversi yang berlawanan, 1 kilogram setara dengan 10 ons.

Dalam perhitungan liter ke ons, kamu perlu mengubah nilai liter ke kilogram terlebih dahulu baru bisa memperoleh hasilnya dalam satuan ons. Oleh karena itu, mari simak rumus dasar hingga contoh soal dan penjabarannya berikut:

1 Liter Beras Berapa Ons? Inilah Rumus Dasarnya!

Liter, sebagai satuan volume yang umumnya digunakan dalam sistem metrik, menjadi sahabat setia ketika berbicara tentang kapasitas atau volume suatu cairan. Misalnya, saat kamu membeli minuman ringan di toko ataupun mengukur air untuk memasak.

Baca Juga:  400 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Konversi dan Contoh Soal

Sementara itu, ons adalah satuan berat yang memiliki akar sejarah yang kuat, terutama dalam konteks pengukuran warisan kolonial Belanda. 1 ons setara dengan 0,1 kilogram atau 1/10 kilogram. Satuan ini seringkali muncul di dunia kuliner dan kebutuhan sehari-hari.

Rumusnya adalah kamu harus menghitung 1 liter beras ke kilogram dahulu, berikut tahapannya:

p = m : v

Keterangan:

  • p = massa jenis
  • v = volume
  • m = massa

Melalui rumus dasar tersebut, silakan konversi liter ke kg menggunakan rumus “m = p x v”.

Biasanya, patokan massa jenis beras per liternya adalah sebesar 0,753 kg/liter. Dengan begitu, hasil dari 1 liter beras = 0, 753 kg beras. Kemudian hitung satuan kilogram yang telah diketahui ke ons.

1 kg = 10 ons

Lalu masukkan hasil dari 1 liter beras dikonversi ke kilogram tadi sebagai berikut:

0, 753 x 10 = 7,53 ons.

Jadi, pertanyaan 1 liter beras berapa ons mempunyai jawaban yaitu seberat 7,53 ons. Kini, kamu tidak perlu kesusahan lagi dalam menghitung konversi dari liter ke ons. Kamu juga bisa berlatih contoh soal yang tersedia berikut:

Baca Juga:  400 mL Berapa Gram? Hubungan mL-Gram dan Cara Hitungnya

Contoh Soal Konversi Liter ke Ons

Mari simak beberapa contoh berikut:

  1. Bu Tejo mempunyai 1/4 liter beras. Jika Bu Tejo ingin menghitung berat berasnya dalam satuan ons, berapakah hasil yang diperoleh?

Jawaban:

1/4 = 0,25

0,25 x 7,53 ons/liter

= 1, 89 ons

  1. Rina membeli sebuah botol minyak sayur dengan volume 2 liter. Berapakah berat minyak sayur tersebut dalam ons? .

Jawaban:

2liter × 7,53ons/liter = 15,06ons.

Jadi, berat minyak sayur tersebut adalah 15,06 ons.

  1. Sebuah wadah plastik berisi 4,2 liter air minum. Konversikan berat air tersebut ke dalam ons!

Jawaban:

4,2liter × 7,53ons/liter = 31,506ons.

Jadi, berat air dalam ons adalah sekitar 31,506 ons.

Jawaban dari pertanyaan 1 liter beras berapa ons telah dijelaskan dengan lengkap melalui penjabaran di atas. Kamu bisa memahaminya secara seksama agar semakin paham tentang konversi satuan berat maupun satuan volume.