75 dm Berapa dam? Cara Menghitung dan Contoh Soal

Bppkibandung.id – Dalam dunia pengukuran, ada banyak satuan panjang yang digunakan untuk menggambarkan jarak atau panjang suatu objek. Dua di antaranya adalah desimeter dan dekameter.  Meskipun keduanya terdengar serupa, kenyataannya, keduanya memiliki perbedaan. Coba, hitung 75 dm berapa dam?

Ketika dihitung, tentu membutuhkan konversi sehingga nilai angkanya tidak sama. Berbeda dengan dm yang skalanya lebih kecil, dam umumnya digunakan untuk mengukur jarak atau panjang yang lebih besar, seperti panjang sebuah lapangan sepak bola, lebar sungai, atau panjang blok kota.

Dm memberikan representasi yang lebih efisien ketika berurusan dengan jarak-jarak yang mencapai puluhan meter atau lebih. Coba yuk pahami bagaimana cara untuk menghitungnya di sini!

75 Dm Berapa Dam?

Meskipun desimeter dan dekameter adalah dua satuan yang menjadi bagian dari sistem pengukuran metrik, namun keduanya berbeda sesuai dengan skala dan konteks penggunaan.

Desimeter digunakan untuk mengukur objek yang lebih kecil, sementara dekameter digunakan untuk mengukur jarak yang lebih besar.

Baca Juga:  1 m3 Berapa Liter? Cara Menghitung Sesuai Tangga Kubik/Liter

Pemahaman perbedaan ini penting untuk memilih satuan yang sesuai dengan kebutuhan pengukuran kamu. Nah, supaya tidak bingung, maka kamu perlu melakukan konversi, termasuk jika ingin mengetahui 75 dm berapa dam.

Nah, sebelum menjawabnya, maka kamu harus tahu berapa konversi 1 dm ke dam, baru kemudian kamu bisa mengubah nilai 75. Adapun nilai 1 dm ke dam adalah 0,01. Dari mana nilai itu didapat? Yakni dengan membaginya ke 100.

1 dm = 1: 100

1 dm = 0,01 dam

Sekarang tinggal menghitung 75 dm ke dam, metodenya pun sama, yakni dengan membaginya ke angka 100. Berikut cara hitungnya:

75 dm = 75: 100

75 dm = 0,75 dam

Contoh Soal Dm ke Dam

Soal 1

Seorang peternak mengukur lebar tanah untuk membuat kandang ayam dan mendapatkan hasil 85 desimeter. Coba ubahlah lebar tanah tersebut menjadi dekameter!

Jawaban:

Lebar tanah= 85 dm: 100

Lebar tanah= 0,85 dam

Soal 2

Seorang siswa memiliki seutas tali dengan panjang 42 desimeter. Hitung panjang tali tersebut dalam satuan dekameter!

Baca Juga:  12 Oz Berapa mL? Cara Hitung dan Konversinya

Jawaban:

Panjang tali = 42 dm: 100

Panjang tali = 0,42 dam

Soal 3

Dalam pembuatan sebuah banner, seorang desainer mengukur panjangnya sejauh 120 desimeter. Konversikan panjang banner tersebut ke dalam dekameter!

Jawaban:

Panjang banner = 120 dm: 100

Panjang banner = 1,2 dam

Soal 4

Seorang ahli biologi mengukur lebar sebuah koloni mikroorganisme dengan panjang 63 desimeter. Ubah lebar koloni tersebut ke dalam dekameter!

Jawaban:

Lebar koloni= 63 dm: 100

Lebar koloni= 0,63 dam

Ingat, menghitung dm ke dam harus dilakukan dengan cara membaginya pada angka 100. Setelah itu, kamu bisa menemukan konversi nilai yang ditanyakan. Selain 75 dm berapa dam, selama kamu tahu rumus konversinya, maka apapun angkanya pasti mudah kamu pecahkan!