150 dm Berapa mm? Cara Hitung Cepat, Pembahasan, Contoh

Bppkibandung.id – Ketika mengukur panjang dari sebuah benda, kamu pasti akan menggunakan satuan sentimeter bukan? Namun, jika kamu mau membeli benda dengan ukuran lebih kecil lagi, maka satuan milimeter lebih umum digunakan. Lalu kalau 150 dm berapa mm kira-kira?

Mengonversi desimeter ke milimeter menjadi relevan ketika kamu membutuhkan ukuran yang sangat rinci atau bekerja pada proyek yang memerlukan tingkat presisi tinggi. Misalnya, ketika membuat sebuah model cincin yang memerlukan ukuran sangat detail.

Tentu saja satuan yang dibutuhkan adalah milimeter, bukan desimeter. Nah, kalau kamu mau tahu berapa nilai dari 150dm ke mm, coba pahami cara hitungnya di sini!

150 Dm Berapa Mm? Inilah Cara untuk Menghitungnya

Untuk memahami konversi desimeter ke milimeter, maka kamu perlu mengetahui faktor konversi antara keduanya terlebih dahulu. Adapun 1 desimeter setara dengan 100 milimeter.

Oleh karena itu, saat kamu ingin mengonversi dari desimeter ke milimeter, maka kamu harus mengalikan jumlah desimeter dengan 100.

Baca Juga:  5 cm Berapa dm? Cara Hitung dengan Tangga Satuan Panjang

Lalu bagaimana dengan 150 dm? 150 dm berapa mm? Nah, mari cari tahu cara untuk menghitungnya ini:

Jumlah milimeter = Jumlah desimeter × Faktor konversi

Jumlah milimeter = 150 dm × 100

Jumlah milimeter = 15.000

Jadi, 150 desimeter sama nilainya dengan 15.000 milimeter

Bayangkan kamu memiliki seutas kawat yang panjangnya 150 desimeter. Ketika kamu ingin mengetahui panjangnya dengan lebih rinci atau presisi yang lebih tinggi, mengonversinya ke milimeter akan memberikan ukuran yang tepat.

Jadi, 150 dm untuk diubah ke mm hanya perlu dikalikan dengan nilai 100 yang artinya akan bertemu angka 15.000.

Contoh Soal Dm ke Mm

Soal 1

Seorang tukang kayu memiliki sebatang papan dengan panjang 8,7 desimeter. Berapa panjang papan tersebut kalau harus diubah ke milimeter?

Jawaban:

Panjang Papan = 8,7 dm × 100 = 870 mm

Soal 2

Seorang siswa memiliki sejajar kawat yang panjangnya 5,4 desimeter. Berapa panjang kawat tersebut dalam milimeter?

Jawaban:

Panjang kawat = 5,4 dm×100 = 540 mm

Soal 3

Seorang petani menanam barisan pohon dengan jarak 2,5 desimeter antara setiap pohon. Berapa jarak antara dua pohon tersebut apabila dikonversi ke milimeter?

Baca Juga:  1 mL Berapa cc? Ini Konsep Dasar dan Cara Menghitungnya

Jawaban:

Jarak antara pohon = 2,5 dm×100 = 250 mm

Soal 4

Seorang ahli biologi mengukur panjang mikroorganisme menggunakan satuan desimeter. Jika panjangnya 3,8 desimeter, berapa panjang mikroorganisme tersebut dalam milimeter?

Jawaban:

Panjang mikroorganisme = 3,8 dm×100 = 380 mm

Soal 5

Seorang arsitek merancang sebuah bangunan dan mengukur panjang ruangan dengan satuan desimeter. Jika panjang ruangan adalah 6,2 desimeter, sebutkan berapa panjang ruangan tersebut dalam satuan milimeter?

Jawaban:

Panjang ruangan= 6,2 dm×100 = 620 mm

Baik kamu menghitung 150 dm berapa mm ataupun nilai lainnya, pastikan kamu mengalikan angka dalam yang ditanyakan dengan 100, ya! Ketika kamu mengkonversi jumlah dm ke mm dengan angka 100, maka akan lebih mudah menemukan jawabannya!