5 dm Berapa cm? Cara Menghitung Satuan Panjang Tercepat

Bppkibandung.id – Sentimeter atau sering disebut dengan cm adalah satuan metrik yang punya panjang paling minimal selain milimeter atau mm. Mengubah desimeter (dm) ke cm sering dilakukan mengingat satuan sentimeter lebih lazim digunakan.  Kira-kira, 5 dm berapa cm, ya?

Kalau kamu menemukan ada panjang yang dinyatakan dalam satuan dm dan ingin sekali mengubahnya ke cm, maka pastikan untuk pahami cara mengkonversinya. Jika kamu bingung mengubah nilai dm ke cm, yuk cek panduannya ini!

5 Dm Berapa Cm?

Sebelum melangkah lebih jauh untuk tahu berapa 5 dm ke cm, maka langkah awalnya adalah dengan memahami faktor konversi antara desimeter dan sentimeter. Adapun 1 desimeter sendiri nilainya setara dengan 10 sentimeter.

Oleh karena itu, saat kamu mengonversi dari desimeter ke sentimeter, maka sama halnya dengan kamu mengalikan jumlah desimeter itu dengan angka 10. Perhatikan rumus ini untuk memudahkan pemahamanmu:

1 dm= 1 x 10 (angka konversi)

Baca Juga:  1 mm Berapa dm? Ini Cara Hitung Pakai Tangga Satuan Panjang

1 dm = 10 cm

Lalu jika 5 dm berapa cm nilainya? Pada dasarnya, untuk menghitung nilai dari 5 dm ke cm itu sama dengan ketika mencari konversi 1 dm, berikut rumusnya:

5 dm= 5 x 10 (angka konversi)

5 dm = 50 cm

Jadi, diketahui bahwa nilai dari 5 dm apabila hendak diubah ke cm adalah 50 cm dengan mengalikannya pada angka 10.

Contoh Soal Dm ke Cm

Soal 1

Seorang siswa mengukur panjang meja dan hasilnya adalah 7 desimeter. Konversikan panjang meja tersebut ke dalam sentimeter!

Panjang meja = 7 dm x 10

Panjang meja = 70 cm

Soal 2

Seorang tukang kayu memiliki satu buah papan dengan panjang 4,5 desimeter. Hitunglah panjang papan tersebut dalam satuan sentimeter!

Panjang papan = 4,5 dm x 10

Panjang papan = 45 cm

Soal 3

Ani mendapatkan tugas dari sekolah untuk membuat sebuah sketsa dengan lebar 8,2 desimeter. Ubahlah lebar sketsa tersebut ke dalam sentimeter!

Lebar sketsa = 8,2 dm x 10

Panjang meja = 82 cm

Soal 4

Tukang bangunan mengukur panjang tanah yang hendak dibangun rumah, kemudian mendapatkan hasil 12,6 desimeter. Lalu berapakah konversi panjang lahan tersebut ke dalam sentimeter?

Baca Juga:  10 Gram Berapa mL? Cara Menghitung dan Jawabannya

Panjang lahan = 12,6 dm x 10

Panjang meja = 126 cm

Soal 5

Dalam proyek pembangunan, seorang arsitek mengukur tinggi tembok yang sedang dibangun dengan panjang 15 desimeter. Cobalah hitung tinggi tembok dengan mengkonversinya ke sentimeter!

Tinggi tembok = 15 dm x 10

Panjang meja = 150 cm

Setelah kamu mencoba latihan dengan soal dm ke cm, maka mengubah nilai konversi sekarang tidak lagi menjadi hal sulit bukan? Menjawab 5 dm berapa cm sekarang jauh menjadi lebih mudah selama kamu tahu rumus konversinya, yakni dengan mengalikannya dengan angka 10.