100 Gram Tepung Berapa Sendok Makan? Ini Konversinya

Bppkibandung.id – 100 gram tepung berapa sendok makan merupakan pertanyaan umum yang kerap muncul ketika belajar memasak dengan mengikuti resep. Sebab, kebanyakan resep masakan menggunakan satuan baku seperti gram untuk mengukur bahan masakan.

Namun, bagi yang tidak memiliki timbangan di rumah, tentu ini menjadi kendala. Maka dari itu, sendok makan banyak digunakan sebagai alternatif alat ukur yang praktis. Sayangnya, tidak banyak yang tahu cara mengukur tepung dengan sendok makan.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas cara mudah mengukur tepung menggunakan sendok makan, dan bagaimana menghitung konversi dari gram ke sendok makan!

Takaran 100 Gram Tepung Berapa Sendok Makan?

Penentuan takaran sendok untuk tepung bervariasi tergantung jenis tepung yang digunakan, karena setiap jenis tepung memiliki massa yang berbeda. Oleh karena itu, berikut kami sajikan konversi 100 gram tepung ke dalam sendok makan sesuai dengan jenisnya:

Baca Juga:  50 dm berapa m? Jawaban dan Konsep Konversinya

1. Tepung Terigu

Menurut penjelasan dalam buku “Gizi Dasar Plus 30 Resep Makanan Lezat nan Praktis” karya Siti Pramitha Retno Wardhani, S.Si, 1 sdm tepung terigu setara dengan 8 gram. Sehingga, dalam 100 gram tepung terigu didapatkan hasil 12,5 sendok makan (100 gram dibagi 8 gram per sdm).

2. Tepung Beras

Tepung beras memiliki konversi yang berbeda, dengan kandungan sekitar 14 gram dalam 1 sendok makan. Dengan demikian, untuk menghitung 100 gram tepung beras, kita bisa membaginya dengan 14 gram per sendok makan, menghasilkan sekitar 7,14 sendok makan.

3. Tepung Maizena

Tepung maizena juga memiliki nilai konversi yang berbeda. Diketahui, dalam 1 sendok makan terdapat 12 gram tepung maizena. Sehingga, jika kamu perlu mengukur 100 gram tepung maizena dapat dibagi dengan 12 gram per sdm, sehingga hasilnya adalah 8,3 sdm.

4. Tepung Ketan

Dalam 1 sendok makan tepung ketan setara dengan 15 gram. Dengan demikian, cara menghitung 100 gram tepung berapa sendok makan, cukup membaginya dengan 15 gram/sdm. Hasil yang didapatkan adalah 6,67 sdm tepung ketan.

Baca Juga:  200 Gram Terigu Berapa Sendok Makan? Jawaban & Konversinya

5. Tepung Tapioka

Tepung tapioka memiliki nilai konversi yang sama dengan tepung ketan. Setiap sendok tepung tapioka sama dengan 15 gram. Sehingga, 100 gram tepung tapioka setara denagn 6,67 sendok makan (100 gram dibagi dengan 15 gram per sendok makan).

Cara Mengukur Tepung Menggunakan Sendok Makan

Penting untuk diingat bahwa pengukuran tepung dengan sendok makan tidak sepresisi menggunakan timbangan. Namun, kamu dapat mencapai hasil yang akurat dengan mengikuti tips di bawah ini:

  • Pastikan sendok makan bersih dan kering.
  • Masukkan sendok makan ke dalam tepung dan ratakan hingga penuh.
  • Ratakan tepung dengan pisau secara melintang.
  • Tuangkan tepung dari sendok makan ke dalam wadah pengukur.
  • Ulangi langkah-langkah di atas hingga mendapatkan jumlah tepung yang diperlukan.

Hasil takaran 100 gram tepung berapa sendok makan bisa bervariasi tergantung jenis tepung yang digunakan. Oleh karena itu, perhatikan jenis tepung yang digunakan dan selalu gunakan sendok makan yang sama untuk hasil yang lebih presisi.